Landlocked country - part 1

10/14/2010 01:18:00 PM ria haya 0 Comments


Masih disela-sela ngecek seamline blok 3006 Montana, blok dengan 570 tile, ya cukup lah buat seminggu kerja di situ mlulu...

Ada  sms masuk dari Ibuku " The Land Locked of Country apa artine mba?', ah ibuku ni kalau manggilku selalu aja pake mba, seperti teman-teman kantor saja. Sebenarnya   itu biar adik-adikku itu juga manggil aku mba, secara manggil aku mba jika ada maunya saja, misalnya kalau minta duit hehehe


Okelah  langsung dech meluncur di google , nyari tuch the Land Locked of Country, dan yg keluar 'Did you mean : the Landlocked Country? okelah, pak google, maksudnya itu dech...
Yang  keluar dalam Bahasa Inggris semua...wakzz....jika pake google translate , aku tambah pusing karena kadang terjemahannya jadi aneh, tapi lebih aneh lagi jika aku sendiri yang menerjamahka, secara dari dulu basic mlulu jika dites boso enggres....ckckckck, (aku kan cinta indonesia..lho..... ngeles aja...:p)

"Sabar  ya Bu, anakmu nyoba translatin ni om wiki....,
Btw, kenapa nanya begitu? My mom said " itu pertanyaan UUTS kls 6"
Wow  keren amat pertanyaannya, aku aja yang lulusan geografi sepertinya baru mendengar istilah Landlocked Country...
Heloooowww , kemana aja sich lo??? Tu slempang cum laude mo diapaiiinn???

So  akhirnya dengan fasilitas 'cached' (tembolok) karena aku ga dikasih akses internet penuh (maklum cuma kroco kampret, itu kata temanku...sadis....), jadi cuma bisa liat di tembolok aja, klik disini for detail
Jadi  aku berhenti sejenak ngecek seamnya...dan membaca wiki, ternyata panjang juga....

Begini   ceritanya (maaf jika aneh terjemahannya ^___^):
Land locked country, yaitu negara yang tidak memiliki perairan, tidak memiliki pelabuhan, karena seluruh wilayahnya berupa daratan. Ada 47 negara seperti itu di dunia, termasuk negara yg diakui sebagian. Dari daratan utama, hanya Amerika Utara dan Australia yg tidak memiliki negara yang terkurung daratan.

Banyak negara juga memiliki akses terbatas ke laut. Jika garis pantai negara di laut yang hampir terkurung oleh daratan, seperti Laut Baltik, Laut Mediterania, dan Laut Hitam, dimana hal ini memungkinkan akses laut supaya mudah diblokir. Ini mungkin strategis yang penting, dengan satu atau dua negara lain mengendalikan pintu masuk, dan / atau relevan dengan konten pasang surut dan air tawar. Daerah tanpa air hangat akan terkurung daratan selama musim dingin.

Secara historis, menjadi landlocked dianggap sebagai posisi yang tidak menguntungkan, karena memotong negara itu dari dari sumber daya laut seperti ikan, tetapi yang lebih penting lagi memotong akses ke perdagangan yang berlayar di laut , bahkan sampai hari ini, membuat sebuah persentase besar dari perdagangan internasional. Daerah pesisir cenderung kaya dan lebih padat penduduknya daripada daerah pedalaman. Paul Collier dalam bukunya The Bottom Billion berpendapat bahwa menjadi landlocked di lingkungan geografis miskin adalah salah satu dari empat "perangkap" pembangunan sebuah negara besar . Secara umum, ia menemukan bahwa ketika sebuah negara tetangga mengalami pertumbuhan yang lebih baik, ia cenderung untuk meluas ke perkembangan yang baik untuk negara itu sendiri. Untuk negara-negara daratan, efeknya sangat kuat, karena mereka terbatas dari kegiatan perdagangan mereka dengan seluruh dunia. "Jika Anda pesisir, Anda melayani dunia, jika Anda terkurung daratan, Anda melayani tetangga Anda."

Negara-negara yang telah melakukan upaya khusus untuk menghindari landlocked

  1. The International Congo Society, yang memiliki modern-day Democratic Republic of the Congo, diberi sepotong tanah melalui Angola untuk menghubungkannya ke laut oleh Konferensi Berlin pada 1885.
  2. Republik Ragusa memberikan kota Neum ke Kekaisaran Ottoman karena tidak ingin memiliki perbatasan darat dengan Venice, ini kota kecil yang diwariskan oleh Bosnia dan Herzegovina dan sekarang menyediakan akses laut terbatas, membelah Kroasia.
  3. Setelah Perang Dunia I, dalam Perjanjian Versailles, bagian dari Jerman, ditunjuk "Koridor Polandia", diberikan kepada Polandia Kedua Republik baru, untuk akses ke Laut Baltik. Ini juga merupakan alasan untuk membuat Danzig (sekarang Gdansk) dengan pelabuhannya Kota Bebas Danzig. Hal ini membuat Polandia semi-negara yang terkurung daratan seperti yang dijelaskan dalam bagian sebelumnya, tapi Polandia segera memperluas pelabuhan nelayan kecil Gdynia menjadi besar.
  4. Danube adalah sebuah jalur air internasional sehingga negara landlocked seperti Austria, Hungaria, Serbia, Slovakia (dan bagian selatan Jerman, itu sendiri bukan landlocked) dapat memiliki akses yang aman ke Laut Hitam.

Kehilangan akses ke laut umumnya merupakan pukulan hebat bagi suatu bangsa, politik, militer, dan khususnya yang berkaitan dengan perdagangan internasional dan karena itu keamanan ekonomi:
  1. Kemerdekaan Eritrea dan Montenegro, dibawa oleh gerakan separatis yang sukses, telah menyebabkan Ethiopia dan Serbia masing-masing untuk menjadi landlocked

  1. Bolivia kehilangan garis pantai untuk Chili dalam Perang Pasifik. Angkatan Laut Bolivia masih berlatihdi Danau Titicaca untuk pemulihan akhirnya, dan orang-orang Bolivia setiap tahun merayakan patriotik "Dia del Mar" (Hari Laut) untuk mengingat kerugian teritorial, yang mencakup dua kota pesisir Antofagasta dan apa yang telah terbukti menjadi salah satu deposit tembaga yang paling signifikan dan menguntungkan di dunia. Pada abad ke-21, pemilihan rute pipa gas dari Bolivia ke laut berbahan bakar meningkat populer.


  1. Austria dan Hongaria juga kehilangan akses mereka ke laut sebagai konsekuensi dari Perjanjian Saint-Germain-en-Laye (1919) dan Perjanjian Trianon (1920). Sebelumnya, meskipun Kroasia memiliki otonomi konstitusional dengan Hongaria, Kota Fiume / Rijeka di pantai Kroasia diperintah langsung dari Budapest dengan menunjuk gubernur sebagai corpus separatum, untuk menyediakan Hungaria dengan hanya pelabuhan internasional pada periode 1779-1813, 1822-1848 dan 1868-1918.

  1. Ketika Entente Powers membagi bekas Kekaisaran Ottoman di bawah Perjanjian Sèvres pada akhir Perang Dunia I, Armenia dijanjikan bagian dari Trebizond vilayet (kira-kira sesuai dengan Trabzon modern dan provinsi Rize di Turki). Ini akan memberikan akses Armenia ke Laut Hitam. Namun, perjanjian Sèvres runtuh dengan Perang Kemerdekaan Turki dan telah digantikan oleh Perjanjian Lausanne yang tegas menetapkan aturan Turki atas wilayah tersebut.

Konvensi PBB tentang Hukum Laut sekarang memberikan negara yang terkurung daratan hak akses ke dan dari laut tanpa perpajakan lalu lintas melalui negara transit. PBB memiliki program aksi untuk membantu negara-negara landlocked berkembang , dan arus bertanggung jawab Wakil-Umum Anwarul Karim Chowdhury.

Beberapa negara mungkin memiliki garis pantai yang panjang, tapi banyak yang tidak dapat langsung digunakan untuk perdagangan dan komersial. Misalnya, dalam sejarah awal, hanya port Rusia berada di Samudra Arktik dan beku, tertutup bagi sebagian besar tahun. Keinginan untuk mendapatkan kontrol dari pelabuhan air hangat adalah seorang motivator utama dari ekspansi Rusia ke Laut Baltik, Laut Hitam dan Samudra Pasifik. Di sisi lain, beberapa negara daratan dapat memiliki akses ke laut sepanjang lebar yang dapat dilayari. Sebagai contoh, Paraguay (dan Bolivia ke tingkat yang lebih rendah) memiliki akses ke laut oleh sungai Paraguay dan Parana.

Beberapa negara memiliki garis pantai di laut landlocked, seperti Laut Kaspia dan Laut Aral. Karena laut berada di effect lakes, dan tidak mengijinkan akses ke perdagangan yg berlayar di laut (seaborn), negara-negara seperti Kazakhstan masih dianggap landlocked. (Laut Kaspia, bagaimanapun, dihubungkan ke Laut Hitam melalui kanal buatan manusia antara Volga dan sungai Don.)


"Gimana bu, dah kejawab pertanyaannya?"
"Iya, dah betul"...begitu kata ibuku
Pasti  dalam hatinya ("anakku ini emang pintar, tau apa aja, pertanyaan gitu mah kecil buat dia") xixixixi....:p
Padahalll .............nanya ma om google, dan sedikit korupsi waktu pas kerja......maap2...biar ga ngantuk juga sich...:p


0 komentar: