Contoh Modul Ajar IPAS kelas 6 SD dengan topik Enam Benua di Dunia
Berikut ini contoh Modul Ajar IPAS kelas 6 SD dengan topik Enam Benua di Dunia. Mohon untuk tidak melakukan plagiat, dan jadikan referensi saja.
MODUL
AJAR
Nama
Penyusun |
: |
Ria
Nurhayati |
Satuan
Pendidikan |
: |
SD
Negeri Karangsari 03 Adipala |
Jenjang
Sekolah |
: |
SD |
Fase
/ Kelas |
: |
C
/ 6 |
Semester |
: |
1
(Ganjil) |
Mata
Pelajaran |
: |
Ilmu
Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) |
Topik |
: |
Enam
Benua di Dunia |
Alokasi
Waktu |
: |
2
x 35 menit ( 1 x pertemuan ) |
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Peserta didik memahami pembagian enam
benua di dunia, proses terbentuknya benua dan asal-usul nama benua.
2. Peserta didik dapat menunjukkan letak
keenam benua pada peta.
3. Peserta didik dapat menyebutkan
setidaknya 10 negara dari seluruh dunia.
B.
PROFIL
PELAJAR PANCASILA
· Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, dan Berakhlak Mulia: Menumbuhkan rasa syukur dan pengertian terhadap ciptaan
Tuhan dan lingkungan
· Bernalar Kritis: Mendorong peserta
didik untuk menganalisis dan memahami proses terbentuknya benua, asal usul nama
benua, letak geografis benua serta mengidentifikasi negara-negara di peta.
· Berkebinekaan Global: Menghargai keberagaman
budaya di berbagai bangsa di enam benua di dunia
· Gotong Royong: Mengajak peserta didik
bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas.
C.
MATERI
PEMBELAJARAN
· Pembagian enam benua, proses
terbentuknya, serta asal-usul nama benua
· Letak Geografis: Posisi benua di peta
dunia (Google Earth).
· Negara-negara di Dunia: Identifikasi
dan penyebutan setidaknya 10 negara dari seluruh dunia.
Materi
pembelajaran lengkap “Terlampir”
D.
ASESMEN
PEMBELAJARAN
a.
Asesmen
Awal:
Ø Tujuan:
Mengetahui pengetahuan awal siswa tentang benua dan negara-negara di dunia.
Ø Metode:
Tanya jawab singkat tentang benua dan negara-negara di dunia.
b.
Asesmen
Formatif:
Ø Tujuan:
Memantau keaktifan dan pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran
Ø Metode:
Observasi, diskusi kelompok untuk mengisi lembar kerja, dan presentasi.
Ø Kriteria:
§ Siswa
mampu menunjukkan letak benua pada peta dan informasi tentang benua (misalnya
batas benua, jumlah negara, kenampakan alam popular,dan informasi menarik
lainnya)
§ Siswa
mampu menyebutkan negara-negara di setiap benua.
c.
Asesmen
Sumatif:
Ø Tujuan:
Mengukur pencapaian tujuan pembelajaran secara keseluruhan.
Ø Metode:
Lembar kerja individu (tes tertulis)
Ø Instrumen:
Lembar kerja yang meminta peserta didik mengurutkan benua-benua di dunia dan
menuliskan minimal tiga negara di benua tersebut. Peserta didik juga di uji
pemahaman tentang informasi di setiap benua di dunia.
E.
PENDEKATAN,
MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN
- Pendekatan : Technological, Pedagogical, Content, and Knowledge (TPACK, Pembelajaran Berdiferensiasi
- Model Pembelajaran : Contextual Teaching Learning, Collaborative Learning atau Pembelajaran Kooperatif
- Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya Jawab, Penugasan, Diskusi, Presentasi
F.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
I.
Kegiatan
Awal (5 menit)
Orientasi
§ Guru
melakukan pembukaan pembelajaran dengan salam pembuka.
§ Guru
memeriksa kehadiran peserta didik.
§ Guru
dan peserta didik berdoa memulai pembelajaran.
§ Guru
mengkondisikan kelas dan melakukan ice
breaking untuk mengecek kesiapan (kefokusan) peserta didik.
§ Guru
bersama peserta didik menyanyikan lagu nasional “Dari Sabang Sampai Merauke”
untuk menumbuhkan rasa nasionalisme peserta didik.
§ Guru
menyampaikan topik pembelajaran yang akan dipelajari hari ini.
Apersepsi
§ Guru
melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan pemantik :
"Ada yang tahu, benua itu
apa?"
Asesmen Awal
§ Guru
melakukan asesmen awal dengan tanya jawab singkat seperti :
1. Coba
sebutkan negara mana saja yang ada di benua Asia?
2. Sebutkan
beberapa negara di benua Eropa?
3. Sebutkan
beberapa negara di benua Afrika?
§ Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai hari ini
II.
Kegiatan
Inti (60 menit)
§ Guru
menayangkan video dan menjelaskan secara singkat tentang proses terbentuknya
benua.
§ Guru
menayangkan video tentang “Asal-usul Nama dan Julukan Benua-benua di Dunia”
agar peserta didik mendapat wawasan yang mendalam tentang sejarah, budaya, dan
perspektif global sehingga meningkatkan pengetahuan mereka tentang geografi dan
memperkaya pengalaman belajar mereka secara keseluruhan, serta mengembangkan
keterampilan kritis, sosial, dan penelitian yang penting.
§ Guru
mengajukan pertanyaan untuk mengajak peserta didik terlibat lebih aktif dalam
pembelajaran, misalnya "Kenapa benua Afrika dinamakan benua Afrika, ada
yang tahu? Dan benua Asia kenapa disebut sebagai benua kuning?"
§ Guru
menambah penjelasan letak geografis benua dan keadaan alamnya dengan
menggunakan Google Earth agar pembelajaran lebih interaktif, menarik dan
relevan.
§ Guru
membagi peserta didik ke dalam enam kelompok sesuai jumlah benua.
§ Guru
membagikan peta dunia dan peta benua. Setiap kelompok mendapatkan satu peta dunia
dan satu peta benua. Guru juga membagikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
sebagai Asesmen Formatif
§ Guru
menjelaskan instruksi untuk diskusi kelompok dan mengisi LKPD
§ Guru
membantu jalannya diskusi kelompok dan mengarahkan peserta didik agar aktif
berdiskusi dan bekerja sama menyelesaikan tugas kelompok.
§ Guru
juga melakukan observasi atau pengamatan keterlibatan atau keaktifan peserta
didik selama diskusi kelompok sebagai Asesmen Formatif
§ Guru
mengarahkan peserta didik untuk melakukan presentasi hasil diskusi kelompok di
depan kelas (Asesmen Formatif)
§ Ice
breaking dengan menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila
§ Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas.
§ Peserta
didik kelompok lain menyimak presentasi dan harus menuliskan minimal tiga
informasi dari presentasi yang disampaikan temannya serta menuliskan minimal lima
nama negara dengan awal huruf yang berbeda dari setiap benua di lembar kerja.
§ Kelompok
lain bisa menanggapi atau bertanya tentang informasi tertentu kepada kelompok
yang sedang presentasi.
§ Guru
memberikan penguatan atau apreasiasi kepada peserta didik
§ Guru
mengulang informasi secara singkat dan mempersilahkan peserta didik untuk
mengajukan pertanyaan jika ada materi pelajaran yang belum dipahami.
§ Peserta
didik mengerjakan uji pemahaman (tes tertulis) sebagai Asesmen Sumatif
III.
Kegiatan
Penutup (5 menit)
§ Peserta
didik bersama guru membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari hari
ini dan melakukan refleksi pembelajaran yang dilakukan hari ini dengan mengisi
lembar refleksi pembelajaran yang berisi pertanyaan seperti berikut ini:
- Hal apa yang sudah aku
pelajari:
- Perasaanku:
- Aktivitas paling menyenangkan:
- Hal yang perlu saya lakukan
untuk menjadi lebih baik:
- Hal apa yang belum aku kuasai:
§ Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk mempelajari materi lebih lanjut tentang
negara-negara lain yang ingin dikunjungi peserta didik di rumah.
§ Guru
bersama peserta didik berdoa di akhir pembelajaran
§ Guru
memotivasi peserta didik untuk terus semangat belajar dan mengucapkan salam
penutup pembelajaran
G.
SUMBER,
ALAT, DAN BAHAN AJAR
·
Buku Teks Ilmu Pengetahuan Alam dan
Sosial untuk SD/MI Kelas VI
·
Video Youtube
·
Google Earth
·
Gambar Peta Dunia
·
Gambar Peta Benua
(untuk setiap kelompok)
·
Kertas dan alat
tulis
·
Laptop
·
LCD Projector
·
Pengeras suara/speaker
Mengetahui, Kepala
Sekolah …………………………………….. |
|
…………………,
……………………2024 Guru
Kelas 6 …………………………………….. |
LAMPIRAN
MATERI
AJAR
Kerak Bumi, Lempeng,
dan Benua
Kerak Bumi :
Kerak bumi adalah lapisan paling luar
dari planet kita, yang terdiri dari batuan padat.
Lempeng
Tektonik:
Kerak bumi terbagi menjadi beberapa
bagian besar yang disebut lempeng tektonik. Lempeng-lempeng ini
"mengapung" di atas mantel yang lebih panas dan semi-cair,
memungkinkan mereka untuk bergerak. Pergerakan lempeng-lempeng ini sangat
lambat, biasanya hanya beberapa sentimeter per tahun, tetapi pergerakan ini
bertanggung jawab atas banyak proses geologi, termasuk pembentukan gunung,
gempa bumi, dan aktivitas vulkanik.
Benua:
Benua adalah massa daratan besar di
bumi yang berada di atas beberapa lempeng tektonik. Saat lempeng-lempeng ini
bergerak, posisi benua pun bisa berubah. Misalnya, jutaan tahun yang lalu,
semua benua yang ada sekarang tergabung dalam satu super-benua besar yang
disebut Pangaea. Seiring waktu, pergerakan lempeng tektonik menyebabkan Pangaea
pecah dan benua-benua berpindah ke posisi mereka saat ini.
Secara singkat, kerak bumi adalah
lapisan terluar yang terbagi menjadi lempeng-lempeng besar yang bergerak, dan
di atas lempeng-lempeng ini terdapat benua-benua yang kita kenal.
Enam
Benua di Dunia
Ada enam benua di dunia, yaitu Benua
Asia, Afrika, Amerika, Australia, Eropa, dan
Antartika (Kutub Selatan)
1.
Asia
Asia adalah benua terbesar di dunia
baik dari segi luas maupun populasi.
Terletak di belahan timur dan utara
bumi, Asia memiliki beragam iklim, dari gurun di Timur Tengah hingga tundra di
Siberia.
Negara-negara besar di Asia termasuk
China, India, dan Indonesia.
2.
Afrika
Afrika adalah benua terbesar kedua di
dunia dan dikenal sebagai tempat asal usul manusia, benua tertua yang dihuni
oleh manusia.
Benua ini memiliki keanekaragaman
alam yang luas, seperti Gurun Sahara, Sungai Nil, dan hutan hujan tropis.
Negara-negara terkenal di Afrika
termasuk Mesir, Nigeria, dan Afrika Selatan.
3.
Amerika
Benua Amerika dibagi menjadi dua
wilayah utama : Amerika Utara dan Amerika Selatan.
Amerika Utara mencakup negara-negara
seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko, dengan beragam bentang alam dari
pegunungan Rocky hingga Great Plains.
Amerika Selatan dikenal dengan Hutan
Hujan Amazon dan Pegunungan Andes, serta negara-negara seperti Brasil,
Argentina, dan Peru.
4.
Eropa
Eropa adalah benua kecil dengan
pengaruh besar dalam sejarah dunia.
Terletak di belahan bumi utara, Eropa
terdiri dari berbagai negara dengan budaya, bahasa, dan sejarah yang beragam,
seperti Inggris, Prancis, Jerman, dan Italia.
Benua ini memiliki warisan sejarah
yang kaya, dengan kota-kota bersejarah, monumen, dan pusat budaya yang
terkenal.
5.
Australia
Australia adalah benua terkecil
sekaligus negara, yang terletak di belahan bumi selatan.
Terkenal dengan satwa unik seperti
kanguru dan koala, serta Great Barrier Reef dan Outback yang luas.
Selain daratan utama, Australia juga
mencakup beberapa pulau kecil di Samudra Pasifik.
6.
Antartika
Antartika adalah benua yang paling
selatan dan hampir seluruhnya tertutup es.
Tidak ada penduduk asli di Antartika,
dan benua ini terutama dihuni oleh peneliti yang tinggal di stasiun penelitian
sementara.
Antartika memiliki kondisi cuaca yang
ekstrem dan kehidupan liar seperti penguin dan anjing laut.
Video
Youtube
1.
Continental
Drift from Pangea to Today (Proses terbentuknya benua) di
link https://www.youtube.com/watch?v=OGdPqpzYD4o
2.
Asal-usul Nama dan
Julukan Benua-benua di Dunia di link https://www.youtube.com/watch?v=DawZV0Y7M7U
Google
Earth
Gambar
Peta Dunia
Sumber : Buku Ilmu Pengetahuan Alam
dan Sosial untuk SD/MI Kelas VI
Benua
Asia
Benua
Afrika
Benua Eropa
Benua
Australia
Benua
Antartika
ASESMEN
FORMATIF
LEMBAR
KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Ilmu
Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)
Topik
: Enam Benua di Dunia
Nama
Peserta Didik :
1.
………………………………………………….
2.
………………………………………………….
3.
………………………………………………….
4.
………………………………………………….
5.
………………………………………………….
Benua
………………………… |
|
Batas
Benua Utara
: Timur
: Selatan
: Barat
: |
Luas
wilayah : Pembagian
Wilayah Jumlah
negara : |
Kenampakan
alam populer : Titik
tertinggi : Danau
terbesar : Sungai
terpanjang : |
Informasi
menarik lainnya : |
Lengkapi tabel berikut dengan
negara-negara di bagian-bagian benua tersebut |
|
Negara-negara
di Benua Asia |
Negara-negara
di Benua Australia |
|
|
Negara-negara
di Benua Afrika |
Negara-negara
di Benua Amerika |
|
|
Negara-negara
di Benua Eropa |
Negara-negara
di Benua Antartika |
|
|
Rubrik Penilaian : Diskusi
atau Kerja Kelompok
Kriteria |
Sangat Baik |
Baik |
Cukup |
Perlu
Perbaikan |
1.
Partisipasi
dalam Diskusi Kelompok |
Peserta
didik sangat aktif dalam diskusi, memberikan ide-ide yang konstruktif dan
mendalam, serta mendengarkan dan menghargai pendapat teman. |
Peserta
didik aktif dalam diskusi, memberikan ide yang relevan dan mendengarkan
pendapat teman, tetapi tidak terlalu mendalam. |
Peserta
didik berpartisipasi dalam diskusi, tetapi kontribusinya terbatas atau hanya
mengikuti arus tanpa memberikan ide baru. |
Peserta
didik kurang berpartisipasi dalam diskusi, jarang memberikan kontribusi atau
hanya diam tanpa terlibat aktif. |
2.
Pemahaman
terhadap Materi Benua |
Peserta
didik menunjukkan pemahaman yang sangat baik tentang karakteristik dan letak
benua, serta mampu mengaitkan informasi dengan pengetahuan sebelumnya. |
Peserta
didik memahami materi dengan baik, dapat menjelaskan karakteristik dan letak
benua, tetapi kurang dalam mengaitkan dengan pengetahuan lain. |
Peserta
didik menunjukkan pemahaman dasar, mengenali sebagian besar benua tetapi ada kesalahan
atau kebingungan dalam penjelasan. |
Peserta
didik menunjukkan pemahaman yang kurang, sulit untuk menjelaskan
karakteristik atau letak benua dengan benar. |
3.
Kolaborasi
dan Kerja Sama |
Peserta
didik bekerja sama dengan sangat baik dalam kelompok, membantu teman yang
membutuhkan, dan memfasilitasi diskusi secara efektif. |
Peserta
didik bekerja sama dengan baik, berkontribusi pada tugas kelompok dan
mendukung anggota kelompok lain. |
Peserta
didik bekerja sama, tetapi kontribusinya terbatas dan kurang mendukung teman
atau tugas kelompok secara optimal. |
Peserta
didik kurang bekerja sama, seringkali bekerja sendiri atau tidak membantu
anggota kelompok lain. |
4.
Kemampuan
menghubungkan Informasi dengan konteks global |
Peserta
didik mampu menghubungkan informasi tentang benua dengan isu-isu atau
contoh-contoh global secara jelas dan tepat. |
Peserta
didik mampu menghubungkan informasi dengan konteks global, meskipun contoh
yang diberikan kurang mendalam atau relevan. |
Peserta
didik mencoba menghubungkan informasi dengan konteks global, tetapi terdapat
kesalahan atau ketidakjelasan dalam penjelasan. |
Peserta
didik tidak mampu atau sulit menghubungkan informasi tentang benua dengan
konteks global yang relevan. |
Skala Penilaian
Sangat
Baik : 85 - 100
Baik
: 70 - 84
Cukup
: 55 - 69
Perlu
Perbaikan : < 55
Rubrik Penilaian : Presentasi
Hasil
Kriteria |
Sangat
Baik |
Baik |
Cukup |
Perlu
Perbaikan |
1.
Kejelasan
dan Struktur Presentasi |
Presentasi
sangat jelas, terstruktur dengan baik, dan mudah dipahami. Ide-ide
disampaikan dengan urutan yang logis dan didukung dengan informasi yang
relevan. |
Presentasi
jelas dan terstruktur, meskipun ada beberapa bagian yang kurang lancar.
Ide-ide utama disampaikan dengan baik, meski tidak selalu mendalam. |
Presentasi
memiliki beberapa bagian yang kurang jelas atau kurang terstruktur, dengan
ide-ide yang disampaikan secara tidak konsisten. |
Presentasi
tidak terstruktur dengan baik, ide-ide sulit dipahami atau tidak disampaikan
dengan jelas. |
2.
Penguasaan
Materi |
Peserta
didik menunjukkan penguasaan yang mendalam tentang materi, dapat menjelaskan
detail karakteristik benua dengan baik, dan menjawab pertanyaan dengan
percaya diri. |
Peserta
didik memahami materi dengan baik, menjelaskan karakteristik benua dengan
cukup jelas, dan menjawab sebagian besar pertanyaan dengan benar. |
Peserta
didik menunjukkan pemahaman dasar, tetapi ada beberapa kesalahan atau
kebingungan dalam menjelaskan materi dan menjawab pertanyaan. |
Peserta
didik menunjukkan pemahaman yang kurang, banyak kesalahan dalam penjelasan
atau tidak dapat menjawab pertanyaan dengan baik. |
3.
Kreativitas
|
Presentasi
sangat kreatif dengan ide-ide baru
yang menarik dan cara penyampaian yang berbeda dari biasanya. |
Presentasi
cukup kreatif, dengan beberapa ide dan penyampaian yang menarik, meskipun
tidak terlalu berbeda dari yang diharapkan. |
Presentasi
memiliki sedikit kreativitas, cenderung mengikuti format yang biasa dan
kurang menonjol dalam penyampaian ide. |
Presentasi
kurang kreatif dan penyampaian yang monoton dan kurang menarik. |
4.
Kerja
Sama Tim dalam Presentasi |
Setiap
anggota tim berkontribusi secara merata dalam presentasi, menunjukkan kerja
sama yang sangat baik dan saling melengkapi. |
Sebagian
besar anggota tim berkontribusi dalam presentasi, dengan kerja sama yang
baik, meskipun ada sedikit ketimpangan dalam peran. |
Beberapa
anggota tim mendominasi presentasi, sementara yang lain berkontribusi
minimal, menunjukkan kurangnya keseimbangan dalam kerja sama. |
Presentasi
didominasi oleh satu atau dua anggota tim, dengan kontribusi minimal dari
yang lain, menunjukkan kerja sama yang kurang baik. |
Skala Penilaian
Sangat
Baik : 85 - 100
Baik
: 70 - 84
Cukup
: 55 - 69
Perlu
Perbaikan : < 55
ASESMEN
SUMATIF
UJI
PEMAHAMAN
Ilmu
Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)
Topik
: Enam Benua di Dunia
Nama
Peserta Didik : …………………………………….
A. Lengkapilah
tabel dibawah ini. Urutkan benua-benua di dunia berdasarkan luas wilayahnya.
Mulailah dari benua yang terbesar (nomor 1) hingga terkecil (nomor6). Kemudian
tuliskan minimal tiga negara di benua tersebut (untuk benua yang dihuni
manusia).
No. |
Nama Benua |
Nama Negara |
1. |
|
|
2. |
|
|
3. |
|
|
4. |
|
|
5. |
|
|
6. |
|
|
B.
Baca pernyataan-pernyataan berikut
dengan saksama. Tulis kembali pernyataan yang menurut kalian benar. Bila
pernyataan itu salah, koreksi dan tulis pernyataan yang benar.
1. Antartika
adalah satu-satunya benua yang tidak memiliki negara.
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………….
2. Gurun
Sahara di Asia merupakan gurun terluas di dunia.
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………….
3. Nama
benua Australia berasal dari bahasa Latin "australis," yang berarti
"utara”.
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………….
4. Eropa
disebut sebagai "Benua Biru" karena sebagian besar wilayahnya
dikelilingi oleh laut.
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………….
5. Afrika
memiliki Sungai Nil, sungai terpanjang di dunia.
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………….
KUNCI
JAWABAN ASESMEN SUMATIF DAN PEDOMAN PENILAIAN
A.
Benua di Dunia
No. |
Nama Benua |
Nama Negara |
1. |
Asia (1) |
Indonesia, Tiongkok
(Cina), India, Jepang, dll (3) |
2. |
Amerika (1) |
Kanada, Amerika
Serikat, Meksiko, Brasil, dll (3) |
3. |
Afrika (1) |
Afrika Selatan,
Kongo, Nigeria, Somalia, dll (3) |
4. |
Antartika (1) |
Tidak ada negara (1) |
5. |
Eropa (1) |
Inggris, Perancis,
Jerman, Spanyol, dll (3) |
6. |
Australia (1) |
Selandia Baru,
Australia (3) |
Total
skor A |
6 |
16 |
B. |
1.
Benar. (1) 2.
Salah. Gurun Sahara di Afrika
merupakan gurun terluas di dunia. (2) 3.
Salah. Nama
"Australia" berasal dari kata Latin "australis," yang
berarti "selatan," bukan "utara." (2) 4.
Salah. Eropa disebut sebagai
"Benua Biru" karena budaya dan sejarahnya yang kaya dengan
kerajaan-kerajaan yang menggunakan warna biru (darah biru) sebagai simbol
kebangsawanan. (2) 5.
Benar (1) Total
skor B = 8 |
Skor diperoleh = Total skor A + Total
Skor B
Skor maksimal = (6+16) + 8 = 30
REFLEKSI PEMBELAJARAN
Ilmu
Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)
Topik
: Enam Benua di Dunia
Nama Peserta Didik : ............................................
o
Hal apa yang sudah aku pelajari:
o
Perasaanku:
o
Aktivitas paling menyenangkan:
o
Hal yang perlu saya lakukan untuk
menjadi lebih baik:
o
Hal apa yang belum aku kuasai:
Comments