Contoh Modul Ajar IPAS kelas 6 SD dengan topik Enam Benua di Dunia

Berikut ini contoh Modul Ajar IPAS kelas 6 SD dengan topik Enam Benua di Dunia. Mohon untuk tidak melakukan plagiat, dan jadikan referensi saja. 


MODUL AJAR

 

Nama Penyusun

:


Satuan Pendidikan



Jenjang Sekolah

:

SD

Fase / Kelas

:

C / 6

Semester

:

1 (Ganjil)

Mata Pelajaran

:

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)

Topik

:

Enam Benua di Dunia

Alokasi Waktu

:

2 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

 

A.       TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Peserta didik memahami pembagian enam benua di dunia, proses terbentuknya benua dan asal-usul nama benua.

2.       Peserta didik dapat menunjukkan letak keenam benua pada peta.

3.       Peserta didik dapat menyebutkan setidaknya 10 negara dari seluruh dunia.

 

B.       PROFIL PELAJAR PANCASILA

·       Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia: Menumbuhkan rasa syukur dan pengertian terhadap ciptaan Tuhan dan lingkungan

·     Bernalar Kritis: Mendorong peserta didik untuk menganalisis dan memahami proses terbentuknya benua, asal usul nama benua, letak geografis benua serta mengidentifikasi negara-negara di peta.

·       Berkebinekaan Global: Menghargai keberagaman budaya di berbagai bangsa di enam benua di dunia

·  Gotong Royong: Mengajak peserta didik bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas.

 

C.       MATERI PEMBELAJARAN

·        Pembagian enam benua, proses terbentuknya, serta asal-usul nama benua

·       Letak Geografis: Posisi benua di peta dunia (Google Earth).

·      Negara-negara di Dunia: Identifikasi dan penyebutan setidaknya 10 negara dari seluruh dunia.

Materi pembelajaran lengkap “Terlampir”

 

D.      ASESMEN PEMBELAJARAN

a.        Asesmen Awal:

Ø  Tujuan: Mengetahui pengetahuan awal siswa tentang benua dan negara-negara di dunia.

Ø  Metode: Tanya jawab singkat tentang benua dan negara-negara di dunia.

b.        Asesmen Formatif:

Ø  Tujuan: Memantau keaktifan dan pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran

Ø  Metode: Observasi, diskusi kelompok untuk mengisi lembar kerja, dan presentasi.

Ø  Kriteria:

§   Siswa mampu menunjukkan letak benua pada peta dan informasi tentang benua (misalnya batas benua, jumlah negara, kenampakan alam popular,dan informasi menarik lainnya)

§   Siswa mampu menyebutkan negara-negara di setiap benua.

c.         Asesmen Sumatif:

Ø  Tujuan: Mengukur pencapaian tujuan pembelajaran secara keseluruhan.

Ø  Metode: Lembar kerja individu (tes tertulis)

Ø  Instrumen: Lembar kerja yang meminta peserta didik mengurutkan benua-benua di dunia dan menuliskan minimal tiga negara di benua tersebut. Peserta didik juga di uji pemahaman tentang informasi di setiap benua di dunia.

E.        PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN

  • Pendekatan : Technological, Pedagogical, Content, and Knowledge (TPACK, Pembelajaran Berdiferensiasi
  • Model Pembelajaran : Contextual Teaching Learning, Collaborative Learning atau Pembelajaran Kooperatif
  • Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya Jawab, Penugasan, Diskusi, Presentasi

 

F.        LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

I.          Kegiatan Awal (5 menit)

Orientasi

§   Guru melakukan pembukaan pembelajaran dengan salam pembuka.

§   Guru memeriksa kehadiran peserta didik.

§   Guru dan peserta didik berdoa memulai pembelajaran.

§   Guru mengkondisikan kelas dan melakukan ice breaking untuk mengecek kesiapan (kefokusan) peserta didik.

§   Guru bersama peserta didik menyanyikan lagu nasional “Dari Sabang Sampai Merauke” untuk menumbuhkan rasa nasionalisme peserta didik.

§   Guru menyampaikan topik pembelajaran yang akan dipelajari hari ini.

Apersepsi

§   Guru melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan pemantik :

"Ada yang tahu, benua itu apa?"

             Asesmen Awal

§   Guru melakukan asesmen awal dengan tanya jawab singkat seperti :

1.      Coba sebutkan negara mana saja yang ada di benua Asia?

2.      Sebutkan beberapa negara di benua Eropa?

3.      Sebutkan beberapa negara di benua Afrika?

§   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai hari ini

 

 

II.        Kegiatan Inti (60 menit)

§   Guru menayangkan video dan menjelaskan secara singkat tentang proses terbentuknya benua.

§   Guru menayangkan video tentang “Asal-usul Nama dan Julukan Benua-benua di Dunia” agar peserta didik mendapat wawasan yang mendalam tentang sejarah, budaya, dan perspektif global sehingga meningkatkan pengetahuan mereka tentang geografi dan memperkaya pengalaman belajar mereka secara keseluruhan, serta mengembangkan keterampilan kritis, sosial, dan penelitian yang penting.

§   Guru mengajukan pertanyaan untuk mengajak peserta didik terlibat lebih aktif dalam pembelajaran, misalnya "Kenapa benua Afrika dinamakan benua Afrika, ada yang tahu? Dan benua Asia kenapa disebut sebagai benua kuning?"

§   Guru menambah penjelasan letak geografis benua dan keadaan alamnya dengan menggunakan Google Earth agar pembelajaran lebih interaktif, menarik dan relevan.

§   Guru membagi peserta didik ke dalam enam kelompok sesuai jumlah benua.

§   Guru membagikan peta dunia dan peta benua. Setiap kelompok mendapatkan satu peta dunia dan satu peta benua. Guru juga membagikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai Asesmen Formatif

§   Guru menjelaskan instruksi untuk diskusi kelompok dan mengisi LKPD

§   Guru membantu jalannya diskusi kelompok dan mengarahkan peserta didik agar aktif berdiskusi dan bekerja sama menyelesaikan tugas kelompok.

§   Guru juga melakukan observasi atau pengamatan keterlibatan atau keaktifan peserta didik selama diskusi kelompok sebagai Asesmen Formatif

§   Guru mengarahkan peserta didik untuk melakukan presentasi hasil diskusi kelompok di depan kelas (Asesmen Formatif)

§   Ice breaking dengan menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila

§   Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas.

§   Peserta didik kelompok lain menyimak presentasi dan harus menuliskan minimal tiga informasi dari presentasi yang disampaikan temannya serta menuliskan minimal lima nama negara dengan awal huruf yang berbeda dari setiap benua di lembar kerja.

§   Kelompok lain bisa menanggapi atau bertanya tentang informasi tertentu kepada kelompok yang sedang presentasi.

§   Guru memberikan penguatan atau apreasiasi kepada peserta didik

§   Guru mengulang informasi secara singkat dan mempersilahkan peserta didik untuk mengajukan pertanyaan jika ada materi pelajaran yang belum dipahami.

§   Peserta didik mengerjakan uji pemahaman (tes tertulis) sebagai Asesmen Sumatif

III.     Kegiatan Penutup (5 menit)

§   Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari hari ini dan melakukan refleksi pembelajaran yang dilakukan hari ini dengan mengisi lembar refleksi pembelajaran yang berisi pertanyaan seperti berikut ini:

- Hal apa yang sudah aku pelajari:

- Perasaanku:

- Aktivitas paling menyenangkan:

- Hal yang perlu saya lakukan untuk menjadi lebih baik:

- Hal apa yang belum aku kuasai:

§   Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mempelajari materi lebih lanjut tentang negara-negara lain yang ingin dikunjungi peserta didik di rumah.

§   Guru bersama peserta didik berdoa di akhir pembelajaran

§   Guru memotivasi peserta didik untuk terus semangat belajar dan mengucapkan salam penutup pembelajaran

 

G.       SUMBER, ALAT, DAN BAHAN AJAR

·           Buku Teks Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD/MI Kelas VI

·           Video Youtube

·           Google Earth

·           Gambar Peta Dunia

·           Gambar Peta Benua (untuk setiap kelompok)

·           Kertas dan alat tulis

·           Laptop

·           LCD Projector

·           Pengeras suara/speaker

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

……………………………………..

 

…………………, ……………………2024

Guru Kelas 6

 

 

 

……………………………………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN

MATERI AJAR

 

Kerak Bumi, Lempeng, dan Benua

Kerak Bumi :

Kerak bumi adalah lapisan paling luar dari planet kita, yang terdiri dari batuan padat.

Lempeng Tektonik:

Kerak bumi terbagi menjadi beberapa bagian besar yang disebut lempeng tektonik. Lempeng-lempeng ini "mengapung" di atas mantel yang lebih panas dan semi-cair, memungkinkan mereka untuk bergerak. Pergerakan lempeng-lempeng ini sangat lambat, biasanya hanya beberapa sentimeter per tahun, tetapi pergerakan ini bertanggung jawab atas banyak proses geologi, termasuk pembentukan gunung, gempa bumi, dan aktivitas vulkanik.

Benua:

Benua adalah massa daratan besar di bumi yang berada di atas beberapa lempeng tektonik. Saat lempeng-lempeng ini bergerak, posisi benua pun bisa berubah. Misalnya, jutaan tahun yang lalu, semua benua yang ada sekarang tergabung dalam satu super-benua besar yang disebut Pangaea. Seiring waktu, pergerakan lempeng tektonik menyebabkan Pangaea pecah dan benua-benua berpindah ke posisi mereka saat ini.

Secara singkat, kerak bumi adalah lapisan terluar yang terbagi menjadi lempeng-lempeng besar yang bergerak, dan di atas lempeng-lempeng ini terdapat benua-benua yang kita kenal.

Enam Benua di Dunia

 

Ada enam benua di dunia, yaitu Benua Asia, Afrika, Amerika, Australia, Eropa, dan

Antartika (Kutub Selatan)

1.        Asia

*        Asia adalah benua terbesar di dunia baik dari segi luas maupun populasi.

*        Terletak di belahan timur dan utara bumi, Asia memiliki beragam iklim, dari gurun di Timur Tengah hingga tundra di Siberia.

*        Negara-negara besar di Asia termasuk China, India, dan Indonesia.

2.        Afrika

*        Afrika adalah benua terbesar kedua di dunia dan dikenal sebagai tempat asal usul manusia, benua tertua yang dihuni oleh manusia.

*        Benua ini memiliki keanekaragaman alam yang luas, seperti Gurun Sahara, Sungai Nil, dan hutan hujan tropis.

*        Negara-negara terkenal di Afrika termasuk Mesir, Nigeria, dan Afrika Selatan.

3.        Amerika

*        Benua Amerika dibagi menjadi dua wilayah utama : Amerika Utara dan Amerika Selatan.

*        Amerika Utara mencakup negara-negara seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko, dengan beragam bentang alam dari pegunungan Rocky hingga Great Plains.

*        Amerika Selatan dikenal dengan Hutan Hujan Amazon dan Pegunungan Andes, serta negara-negara seperti Brasil, Argentina, dan Peru.

4.        Eropa

*        Eropa adalah benua kecil dengan pengaruh besar dalam sejarah dunia.

*        Terletak di belahan bumi utara, Eropa terdiri dari berbagai negara dengan budaya, bahasa, dan sejarah yang beragam, seperti Inggris, Prancis, Jerman, dan Italia.

*        Benua ini memiliki warisan sejarah yang kaya, dengan kota-kota bersejarah, monumen, dan pusat budaya yang terkenal.

5.        Australia

*        Australia adalah benua terkecil sekaligus negara, yang terletak di belahan bumi selatan.

*        Terkenal dengan satwa unik seperti kanguru dan koala, serta Great Barrier Reef dan Outback yang luas.

*        Selain daratan utama, Australia juga mencakup beberapa pulau kecil di Samudra Pasifik.

6.        Antartika

*        Antartika adalah benua yang paling selatan dan hampir seluruhnya tertutup es.

*        Tidak ada penduduk asli di Antartika, dan benua ini terutama dihuni oleh peneliti yang tinggal di stasiun penelitian sementara.

*        Antartika memiliki kondisi cuaca yang ekstrem dan kehidupan liar seperti penguin dan anjing laut.

 

Video Youtube

1.        Continental Drift from Pangea to Today (Proses terbentuknya benua) di link https://www.youtube.com/watch?v=OGdPqpzYD4o

2.        Asal-usul Nama dan Julukan Benua-benua di Dunia di link https://www.youtube.com/watch?v=DawZV0Y7M7U

Google Earth

https://earth.google.com/web/@-36.51150962,27.02822614,-6322.31215264a,16200752.25433588d,35y,-0h,0t,0r/data=OgMKATA

 

 

 

 

 

Gambar Peta Dunia

Sumber : Buku Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD/MI Kelas VI

 


Benua Asia

 


 Benua Amerika



Benua Afrika

 


Benua Eropa



Benua Australia

 



Benua Antartika

 


  

ASESMEN FORMATIF

 

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)

Topik : Enam Benua di Dunia

 

 

Nama Peserta Didik :

1.        ………………………………………………….

2.        ………………………………………………….

3.        ………………………………………………….

4.        ………………………………………………….

5.        ………………………………………………….

 

Benua …………………………

Batas Benua

Utara :

Timur :

Selatan :

Barat :

Luas wilayah :

Pembagian Wilayah

Jumlah negara :

Kenampakan alam populer :

 

Titik tertinggi :

 

Danau terbesar :

 

Sungai terpanjang :

 

Informasi menarik lainnya :

 

Lengkapi tabel berikut dengan negara-negara di bagian-bagian benua tersebut

Negara-negara di Benua Asia

Negara-negara di Benua Australia

 

 

 

 

 

 

 

 

Negara-negara di Benua Afrika

Negara-negara di Benua Amerika

 

 

 

 

 

 

 

 

Negara-negara di Benua Eropa

Negara-negara di Benua Antartika

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rubrik Penilaian : Diskusi atau Kerja Kelompok

Kriteria

Sangat Baik

Baik

Cukup

Perlu Perbaikan

1.     Partisipasi dalam Diskusi Kelompok

Peserta didik sangat aktif dalam diskusi, memberikan ide-ide yang konstruktif dan mendalam, serta mendengarkan dan menghargai pendapat teman.

Peserta didik aktif dalam diskusi, memberikan ide yang relevan dan mendengarkan pendapat teman, tetapi tidak terlalu mendalam.

Peserta didik berpartisipasi dalam diskusi, tetapi kontribusinya terbatas atau hanya mengikuti arus tanpa memberikan ide baru.

Peserta didik kurang berpartisipasi dalam diskusi, jarang memberikan kontribusi atau hanya diam tanpa terlibat aktif.

2.      Pemahaman terhadap Materi Benua

Peserta didik menunjukkan pemahaman yang sangat baik tentang karakteristik dan letak benua, serta mampu mengaitkan informasi dengan pengetahuan sebelumnya.

Peserta didik memahami materi dengan baik, dapat menjelaskan karakteristik dan letak benua, tetapi kurang dalam mengaitkan dengan pengetahuan lain.

Peserta didik menunjukkan pemahaman dasar, mengenali sebagian besar benua tetapi ada kesalahan atau kebingungan dalam penjelasan.

Peserta didik menunjukkan pemahaman yang kurang, sulit untuk menjelaskan karakteristik atau letak benua dengan benar.

3.     Kolaborasi dan Kerja Sama

Peserta didik bekerja sama dengan sangat baik dalam kelompok, membantu teman yang membutuhkan, dan memfasilitasi diskusi secara efektif.

Peserta didik bekerja sama dengan baik, berkontribusi pada tugas kelompok dan mendukung anggota kelompok lain.

Peserta didik bekerja sama, tetapi kontribusinya terbatas dan kurang mendukung teman atau tugas kelompok secara optimal.

Peserta didik kurang bekerja sama, seringkali bekerja sendiri atau tidak membantu anggota kelompok lain.

4.     Kemampuan menghubungkan Informasi dengan konteks global

Peserta didik mampu menghubungkan informasi tentang benua dengan isu-isu atau contoh-contoh global secara jelas dan tepat.

Peserta didik mampu menghubungkan informasi dengan konteks global, meskipun contoh yang diberikan kurang mendalam atau relevan.

Peserta didik mencoba menghubungkan informasi dengan konteks global, tetapi terdapat kesalahan atau ketidakjelasan dalam penjelasan.

Peserta didik tidak mampu atau sulit menghubungkan informasi tentang benua dengan konteks global yang relevan.

Skala Penilaian

Sangat Baik : 85 - 100

Baik : 70 - 84

Cukup : 55 - 69

Perlu Perbaikan : < 55

 

 

Rubrik Penilaian : Presentasi Hasil

Kriteria

Sangat Baik

Baik

Cukup

Perlu Perbaikan

1.       Kejelasan dan Struktur Presentasi

Presentasi sangat jelas, terstruktur dengan baik, dan mudah dipahami. Ide-ide disampaikan dengan urutan yang logis dan didukung dengan informasi yang relevan.

Presentasi jelas dan terstruktur, meskipun ada beberapa bagian yang kurang lancar. Ide-ide utama disampaikan dengan baik, meski tidak selalu mendalam.

Presentasi memiliki beberapa bagian yang kurang jelas atau kurang terstruktur, dengan ide-ide yang disampaikan secara tidak konsisten.

Presentasi tidak terstruktur dengan baik, ide-ide sulit dipahami atau tidak disampaikan dengan jelas.

2.      Penguasaan Materi

Peserta didik menunjukkan penguasaan yang mendalam tentang materi, dapat menjelaskan detail karakteristik benua dengan baik, dan menjawab pertanyaan dengan percaya diri.

Peserta didik memahami materi dengan baik, menjelaskan karakteristik benua dengan cukup jelas, dan menjawab sebagian besar pertanyaan dengan benar.

Peserta didik menunjukkan pemahaman dasar, tetapi ada beberapa kesalahan atau kebingungan dalam menjelaskan materi dan menjawab pertanyaan.

Peserta didik menunjukkan pemahaman yang kurang, banyak kesalahan dalam penjelasan atau tidak dapat menjawab pertanyaan dengan baik.

3.     Kreativitas

Presentasi sangat kreatif  dengan ide-ide baru yang menarik dan cara penyampaian yang berbeda dari biasanya.

Presentasi cukup kreatif, dengan beberapa ide dan penyampaian yang menarik, meskipun tidak terlalu berbeda dari yang diharapkan.

Presentasi memiliki sedikit kreativitas, cenderung mengikuti format yang biasa dan kurang menonjol dalam penyampaian ide.

Presentasi kurang kreatif dan penyampaian yang monoton dan kurang menarik.

4.     Kerja Sama Tim dalam Presentasi

Setiap anggota tim berkontribusi secara merata dalam presentasi, menunjukkan kerja sama yang sangat baik dan saling melengkapi.

Sebagian besar anggota tim berkontribusi dalam presentasi, dengan kerja sama yang baik, meskipun ada sedikit ketimpangan dalam peran.

Beberapa anggota tim mendominasi presentasi, sementara yang lain berkontribusi minimal, menunjukkan kurangnya keseimbangan dalam kerja sama.

Presentasi didominasi oleh satu atau dua anggota tim, dengan kontribusi minimal dari yang lain, menunjukkan kerja sama yang kurang baik.

Skala Penilaian

Sangat Baik : 85 - 100

Baik : 70 - 84

Cukup : 55 - 69

Perlu Perbaikan : < 55

 

 

ASESMEN SUMATIF

 

UJI PEMAHAMAN

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)

Topik : Enam Benua di Dunia

 

Nama Peserta Didik : …………………………………….

 

A.       Lengkapilah tabel dibawah ini. Urutkan benua-benua di dunia berdasarkan luas wilayahnya. Mulailah dari benua yang terbesar (nomor 1) hingga terkecil (nomor6). Kemudian tuliskan minimal tiga negara di benua tersebut (untuk benua yang dihuni manusia).

No.

Nama Benua

Nama Negara

1.

 

 

2.

 

 

3.

 

 

4.

 

 

5.

 

 

6.

 

 

 

B.        Baca pernyataan-pernyataan berikut dengan saksama. Tulis kembali pernyataan yang menurut kalian benar. Bila pernyataan itu salah, koreksi dan tulis pernyataan yang benar.

1.      Antartika adalah satu-satunya benua yang tidak memiliki negara.

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………………………………….

2.      Gurun Sahara di Asia merupakan gurun terluas di dunia.

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………………………………….

3.      Nama benua Australia berasal dari bahasa Latin "australis," yang berarti "utara”.

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………………………………….

4.      Eropa disebut sebagai "Benua Biru" karena sebagian besar wilayahnya dikelilingi oleh laut.

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………………………………….

5.      Afrika memiliki Sungai Nil, sungai terpanjang di dunia.

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………………………………….

 

 

 

 

 


 

KUNCI JAWABAN ASESMEN SUMATIF DAN PEDOMAN PENILAIAN

A.            Benua di Dunia

No.

Nama Benua

Nama Negara

1.

Asia (1)

Indonesia, Tiongkok (Cina), India, Jepang, dll (3)

2.

Amerika (1)

Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Brasil, dll  (3)

3.

Afrika (1)

Afrika Selatan, Kongo, Nigeria, Somalia, dll  (3)

4.

Antartika (1)

Tidak ada negara  (1)

5.

Eropa (1)

Inggris, Perancis, Jerman, Spanyol, dll  (3)

6.

Australia (1)

Selandia Baru, Australia  (3)

Total skor A

6

16

 

B.

1.        Benar. (1)

2.        Salah. Gurun Sahara di Afrika merupakan gurun terluas di dunia. (2)

3.        Salah. Nama "Australia" berasal dari kata Latin "australis," yang berarti "selatan," bukan "utara." (2)

4.        Salah. Eropa disebut sebagai "Benua Biru" karena budaya dan sejarahnya yang kaya dengan kerajaan-kerajaan yang menggunakan warna biru (darah biru) sebagai simbol kebangsawanan. (2)

5.        Benar (1)

Total skor B = 8

 

Skor diperoleh = Total skor A + Total Skor B

Skor maksimal = (6+16) + 8 = 30

 

 

 

 

REFLEKSI PEMBELAJARAN

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)

Topik : Enam Benua di Dunia

 

Nama Peserta Didik : ............................................

 

o    Hal apa yang sudah aku pelajari:

 

 

 

 

o    Perasaanku:

 

 

 

 

o    Aktivitas paling menyenangkan:

 

 

 

 

o    Hal yang perlu saya lakukan untuk menjadi lebih baik:

 

 

 

 

o    Hal apa yang belum aku kuasai:

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Ternyata namanya adalah Sero

Dari Jendela Pesawat