Obrolan siang part - 2

11/18/2010 08:39:00 PM ria haya 2 Comments

D : aku ditawani gawean neng tambang tapi abot ninggal elok je lin...

piye yo dilema...nek diatas 5 wae langsung menyang aku hehehehe (aku ditawari kerja di tambang tapi berat ninggal elok, gimana ya dilema… Kalau di atas 5 aja langsung berangkat aku hehehehe) 


C : nek mendekati 5 yo lumayan nek nggo awal2. Ono tunjangan n bonus2 liyane ra?

(Kalau mendekati 5 ya lumayan buat awal2. Ada tunjangan n bonus lainnya ga? 

B : biasane 3 sasi neng site, 2 minggu neng ngomah (Biasannya 3 bulan di site, 2 minggu di rumah) 

D : enake menyang ra yo? (Enaknya pergi gak ya?) 

B : yo kesepakatan bersama klwrg (deal with family) 

C : emang neng ndi? menyang ae sich nek lumayan. smua ada pengorbanan to?

(emang di mana? Pergi saja sich kalau lumayan. Semua ada pengorbanan kan?) 

D : lha nek neng tambang godaane akeh...

wong wadon, panganan daging terus, ra ana sinyal, ra ana internet, ra ana tivi, ra ana film

kok akeh men pengorbanane lin

(Lha kalau di tambang banyak godaan…perempuan, makan daging terus, ga ada sinyal, ga ada internet, ga ada TV, ga ada film. Kok banyak amat pengorbananny) 

B : yo mangan ra mangan kumpul ae ( Ya makan ga makan kumpul aja)


C : saiki diitung pengorbanan kr untunge okeh ndi?

po dijajajl sik, diniati sing apik n lurus, nek ra cocok tinggal metu hehehhe

(sekarang dihitung pengorbanan ma untungnya banyakan mana? Apa dicoba aja dulu, dengan niat yang bagus dan lurus, kalau ga cocok tinggal keluar hehehehe) 


B : nganggo prinsip mangan ra mangan asal kumpul ae (pake prinsip makan ga makan asal kumpul aja)


D : enake bujang...
ora cocok metu...
anakku ngunu isih iso urip ana bojoku..
bapake nyang, simbahne nyong, kaliren
adine nyong ga sekolah
(enaknya bujang…anakku gitu masih bisa hidup ada istriku…
bapakku, simbahku kelaparan
Adikku ga sekolah)

E : nek menurut pengalamanku dadi anak sek ditinggal2 mending ora wae lah, nyesek
(Kalau menurut pengalamanku jadi anak yang ditinggal2, mending ga usah aja lah…sesak…)

D : wedew

C : yo emang ra penak ditinggal2, aq yo wis tau ngrasakke, tp nek rejekine dalane ngono py???
(ya emang ga enak ditinggal2, aku juga dah pernah merasakan, tapi kalau rejekinya jalannya begitu, gimana???)

D : anak masinis po yo kok do ditinggal ki...
hehehehehehe

E : nek aku ket umur 40 hr mpe saiki tinggal ro bpk ibu plling sue 3 mg ro saiki ketunggon ibuku 3 bln
(kalau aku dari umur 40hari sampe sekarang ma bapakku n ma ibuku paling lama tinggal 3 minggu, ma sekarang aku ditungguin ibuku 3 bulan)

C : po brarti sprti kata mba wid, mangan ra mangan kumpul hehehehe

D : ibuke si E kan pramugari
bapakne pelaut
hahahahaha....nek aku ketunggon bpkku tekan smp
wong bapakku nganggur suwi
(ibunya si E kan pramugari, bapaknya pelaut hahahahaha….
Kalau aku hidup ma bapak sampe SMP, lah bapakku menganggur lama)

B: yo dijupuk penake ae..sing penting ono sing nunggu anakke…
(ya diambil enaknya aja, yang penting ada yang nungguin anaknya…)

C : nek dr pnglaman sik tak delok dsekitarku, nek kumpul thok ra ono sing dipangan yo akehe ribut jg...(kecuali dg cinta mengalahkan segalanya, halah....)  :p
(Kalau dari pengalaman yang kuliat di sekitarku, kalau cuma kumpul aja nda ada yang dimakan, ya kebanyakan ribut juga…(kecuali dg cinta mengalahkan segalanya, halah....)  :p)

A : jempol..haaa

B : jempol..haaa

A : puenakk..urip gur nganggo jempol (enak….hidup cuma pake jempol)

B : sing digoleki penakke noh mbah (yang dicari kan emang enaknya, mbah)

A : koe penak..la kene klegat-kleget awak remuk,jebol polone..entuke yo gur sakmono-mono wae...
(kamu enak…lha sini klegat-kleget badan remuk, jebol kepalanya…dapatnya ya cuma segini-gini aja…)

D : ana duit tapi ga ngumpul ndresulo
ga ana duit tapi ngumpul jg ndesulo
sing bener ana duit lan ngumpul
(ada duit tapi ga ngumpul, mengeluh
Ga ada duit tapi ngumpul juga mengeluh
Yang benet ada duit dan kumpul)

B : cen aku golek sing penak2 mbah, moh aku rekoso
(emang aku cari yang enak2 mbah, ga mau aku susah)

C : emange macul neng ndi kok nganti remuk2 kang?
tesih mending entuk, nek ra entuk cb...? coba lagi award
ono duit plus ngumpul yo ttp okeh sing nggresulo
 (emang nyangkul di mana kok ampe remuk2 kang?
Masih mending dapat, kalau ga dapat coba…? Coba lagi award
Ada duit plus kumpul yo tetap masih banyak yang mengeluh)

D : paling kon nglepo omahe parung
(paling disuruh bikin rumah di Parung)

A : nggo ngumpul sego ae angel..po neh nglepo...ko ndi bondoni...huhh
(buat ngumpulin nasi aja susah, palagi bikin rumah…dari mana hartanya…huhh)

B : nglepo upo
(gw ga ngerti bhs indonesianya)

D : 3+3= 6 njuta jih kurang tha ge mangan?
(3+3= 6 juta masih kurang to buat makan?)

pertanyaan ga di jwb, waktunya lunch hehehehe

Begitulah obrolan kami di siang hari,disela-sela kerja. Curhatan dari para keluarga baru dan single fighter like me, yang merantau di Jakarta. Susahnya cari sesuap nasi, sementara banyak yang harus dikasih makan (ga cuma anak istri, masih ada keluarga di kampung yang masih perlu dibantu juga) Mo bikin rumah aja susah, karena mahalnya biaya beli atau bikin rumah di Jakarta. Kalau nda pinter-pinter bagi duit n cari penghasilan lain selain kerja kantoran dengan gaji sekitar 3 juta/bulan (bruto) kok kayaknya susah pengin punya rumah. Mo cari duit di seberang sana, seperti di pertambangan atau perminyakan juga dilemma, banyak godaan, harus meninggalkan keluarga, anak mungkin juga jadi kurang kasih sayang dari ayah/ibunya, karena ditinggal mereka mencari rejeki, dan mungkin pulang beberapa bulan sekali atau bahkan tahunan. Hidup memang perlu perjuangan dan pengorbanan bukan?
Kadang kita juga kebanyakan mengeluh dan kurang bersyukur juga kali ya, padahal masih ada yang dimakan.
Life is always hard…walau kita tetep nyari enaknya…hehehe

Untung kami masih bisa sharing, curhat dan saling memberi dukungan dan alternatif solusi semampu kami, kalau nda mungkin bisa kepikiran bunuh diri kali ya...kalau nda kuat menanggung beban hidup

2 komentar:

ceritanya seru mba bsa blajar bhasa jawa n blognya jga mnarik.hehehe
slam knal...satria

ria haya said...

makasih...hehehe
salam kenal juga satria