Halo, Rings around the Sun

1/04/2011 06:57:00 PM ria haya 6 Comments



Lingkaran cahaya (halo) dapat  berupa warna warni seperti pelangi, muncul di seluruh langit, datang dalam banyak bentuk (termasuk lingkaran, oval, busur, bintik-bintik, pilar)
Di waktu kecil saya pernah beberapa kali melihat halo, tentu saja waktu itu saya mengira itu adalah pelangi bulat, hehe. Sebuah lingkaran berwarna besar mengelilingi matahari, dengan latar belakang awan tipis. Hari ini halo terlihat di Jogjakarta sekitar jam 11 siang,  tapi saya tidak bisa melihatnya di langit Jakarta, karena mendung. Beberapa teman di Jogja memajang hasil jepretan mereka dan memasangya di facebook. Oke, mari kita cari tahu apa itu halo.

Penyebab (Cause)
Cincin ini disebabkan oleh sinar matahari atau cahaya bulan yang terdifraksi saat melewati awan cirrostratus yang biasanya di ketinggian di atas 20.000 kaki. Awan Cirrostratus  sebagian besar terdiri dari kristal es kecil yang menyebar ke lapisan tipis. 

Jenis (Types)
Lingkaran cahaya yang paling sering dilihat sebagai cincin putih di sekitar matahari atau bulan, tetapi kadang-kadang mereka dapat tampak sebagai cincin berwarna pelangi dengan merah di dalam dan akan biru-putih di luar. Ini terlihat lebih sering mengelilingi matahari daripada sekitar bulan.

Ukuran (Sizes)
Halo paling sering terbentuk di radius 22 derajat. Sebuah halo yang lebih jarang adalah halo besar, yang membentuk di radius 46 derajat.

Baik untuk Memprediksi Cuaca?
Sebuah cincin di sekeliling matahari atau bulan pada bulan-bulan hangat adalah baik, tetapi tidak dijamin, indikasi mungkin ada pengendapan dalam waktu 12 sampai 24 jam. Awan Cirrostratus  biasanya datang sebelum  hangat, yang sering membawa hujan.

Asal (Origin)
Lingkaran cahaya sekitar matahari dan bulan telah tercatat sejak kaisar Konstantinus pada awal abad keempat, tetapi tidak jelas keterangan tentang kapan halo mulai dikaitkan dengan prediksi cuaca.



Penerapan (Applicability)
Pengetahuan ini paling sering bekerja di musim dingin dan di-lintang pertengahan. Badai sistem Mid-lintang dan front lebih sering di musim dingin. Hal ini juga berlaku untuk badai tropis dan angin topan karena ada awan tipis tinggi sekitar pinggiran dari sistem badai.




Berikut ini foto-foto Halo yang diambil dari berbagai sumber









Whenever both sun and clouds are in the sky, be sure to look up--you may behold rings, arcs, and other marvels!








6 komentar:

alamak aku suka gambarnya...cantik bangettt...salam sahabat..

ria haya said...

aku juga suka...salam sahabat juga yach :)

Gaphe said...

heboh banget yak, cuman fenomena alam biasa ini.. sayangnya banyak yang mengaitkannya dengan klenik dll..

saya orang jogja, tapi saya juga cuman tahu beritanya aja di FB sama koran online

ria haya said...

iya, padahal halo sering muncul apalagi di negara2 yang ada musim dinginnya di Eropa apa Amerika sono

Ya kalau di Indo mungkin jarang muncul kali, jadi heboh kalau muncul, dikait-kaitkan dengan segala macam pertanda,jadi makin seru hehe

siswanto said...

iye, keren ri. eh, tp kata temenku orang jogja, fenomena macam itu diartikan akan ada prahara. hehehe

ria haya said...

waduh...prahara apalagi...??
kita berdoa yang baik-baik aja dech :)