Sedan Crater - the largest man-made crater in the United States

1/26/2011 09:18:00 PM ria haya 0 Comments

‘Mas-e, kerjaanku dah selesai. Blok mana lagi nich selanjutnya?’ Aku bertanya pada teman satu timku yang bertugas mengkoordinir pekerjaan

‘Blok-nya aku BL aja ya mba, VCP mba, tapi areanya bolong-bolong di tengah’ jawab temanku

‘Kenapa bolong-bolong?’ tanyaku lagi



‘Secret area mba,mungkin daerah militer’ jawabnya

‘Ooo….OK baiklah, mari kita lihat’ aku mulai bekerja, menjelajah lagi :)



Setelah kucek blok itu, memang luas area yang bolong itu. Hmmm…jadi penasaran. Iseng-iseng kucari koordinatnya, dan aku mencarinya di google earth. Mungkin di sana ada penjelasannya. Kalau benar-benar secret area, aku pikir di GE pastilah tidak ada datanya juga. Eng i eng….ternyata ada di GE. Wah lumayan nich, ada foto-fotonya juga. Sebuah daerah pegunungan tandus di wilayah Nevada. OK baiklah akan aku cari tahu artikelnya di kos. Karena akses internetku terbatas di kantor. Aku catat saja keywordnya.

So, inilah penjelasannya, kubaca sambil mendengar debat orang-orang politik di TV yang tiada habisnya hehehe

 Sedan Crater

Wow, artikelnya bahasa inggris semua. Aku terjemahkan sebisaku, maaf kalau ada keanehan susunan kalimatnya.:)

Sedan (nuclear test)
Storax Sedan adalah uji coba nuklir yang dilakukan di Nevada Test Site di 37.177048 ° N 116.046653 ° W oleh Amerika Serikat pada tanggal 6 Juli 1962 sebagai bagian dari Operation Plowshare (operasi mata bajak, itu kata google translate) untuk menyelidiki penggunaan senjata nuklir untuk pertambangan, kawah, dan tujuan sipil lainnya.

Ledakan itu menghasilkan 104 kilo ton (435terajoules) dan pengungsi lebih dari 11 juta ton (12 juta ton singkat) dari tanah dan menghasilkan awan radioaktif yang naik ke ketinggian 3,7 km (12.000 kaki). Debu   radioaktif menuju timur laut dan kemudian ke arah timur Sungai Mississippi, menciptakan kawah sedalam 100 m (320kaki)  dan memiliki diameter sekitar 390 m(1.280 kaki),sekitar 21 km (13 mil) dari dari Area 51.
Fallout  radioaktif ini   mengkontaminasi  penduduk AS lebih dahsyat dari uji coba nuklir lainnya, dan Sedan Crater adalah kawah buatan manusia terbesar diAmerika Serikat, dan terdaftar di National Register of Historic Places.

The Plowshare project mengembangkan uji Sedan untuk menentukan kelayakan dari penggunaan ledakan nuklir dengan cepat dan ekonomis menggali sejumlah besar tanah dan batu. Usulan aplikasi termasuk penciptaan pelabuhan, kanal,tambang terbuka, luka kereta api dan jalan raya melalui daerah pegunungan dan pembangunan bendungan. Penilaian efek penuh dari tembakan Sedan menunjukkan bahwa kejatuhan radioaktif dari penggunaan tersebut akan ekstensif. Keprihatinan umum tentang dampak kesehatan dan kurangnya dukungan politik akhirnya menghentikan konsep tersebut

Tidak ada penggalian nuklir sejak itu oleh AS, meskipun Uni Soviet terus mengejar konsep melalui program mereka Nuclear Explosions for the National Economy (Ledakan Nuklir untuk Ekonomi Nasional).



Banyaknya ujicoba bawah tanah meninggalkan kawah subsidensi dengan diameter dan kedalaman yang bervariasi . Gambar kebiruan dari Yucca Flat di atas menunjukkan penurunan besar kawah di lembah utama NTS. Secara keseluruhan ada lebih dari 800 tes bawah tanah meledak di NTS.

Mengumpulkan informasi dari sebuah uji coba nuklir bawah tanah diperlukan bermil-mil kabel, kabel mengirimkan informasi pengujian penting dari the down-hole device ke permukaan di atas. Foto menara putih di atas menunjukkan bermil-mil kabel yang digunakan untuk satu uji bawah tanah. Menara ini sebagai infrastruktur untuk memegang dan memasukkan alat uji nuklir di underground shaft. Poros kedalaman bervariasi di situs, tetapi bisa melebihi ribuan kaki.



(gambar dari Google Earth, mirip di bulan yach... Gambar inilah yang membuatku mencari tau, area apa sebenarnya ini?)

Karena kawah di NTS memiliki fitur mirip dengan topografi kawah di Bulan,  Astronot Apollo 14 mengunjungi Sedan pada bulan November 1970. Astronot  Apollo 16 dan 17 juga dilatih di kawah NTS pada tahun 1971 dan 1972.

The crater as seen today from the viewing site on its edge (it is very impressive to visit).

Gambar di atas adalah Sedan Crater sekarang ini, sangat mengesankan untuk dikunjungi. Ribuan wisatawan mengunjunginnya setiap tahun. Balkon di atas adalah untuk wisatawan.

Semoga yang berkunjung ke sana tidak terkena radiasi yang mungkin masih tersisa :)



Referensi :

0 komentar: