The Social Network

2/09/2011 08:17:00 PM ria haya 4 Comments

Kemarin malam akhirnya nonton The Social Network, kurang lebih 4 bulan semenjak penayangan perdana film tersebut. Daripada nda update tulisan di blog, ya dah aku tulisin cerita filmnya saja di sini hehehe

Film itu bercerita asal mula facebook dibuat oleh salah satu mahasiswa Harvard bernama Mark Zuckerberg. Setelah diputus oleh pacarnya yang bernama Erica Albright, Mark menulis blog yang pedas tentang Erica dengan marah. Dia menciptakan sebuah website yang membandingkan tingkat daya tarik cewek-cewek Hardvard. Dia hack ke database dari berbagai asrama, dengan semua detail informasi cewek2 tersebut. Dia menggunakan algoritma yang dia minta dari sahabatnya, Eduardo Saverin. Dan dalam beberapa jam saja situs tersebut diakses oleh banyak orang,  dan membuat heboh, lalu lintas ke situs tsb membuat Harvard network down . Website tersebut bernama Facemash, dimana siswa cowok bisa memilih dua cewek yang disajikan, mana yang menurut mereka lebih menarik. Jelaslah cewek2 Harvard  jadi sebel. Dan Mark harus menerima probation selama 6 bulan akibat ulahnya tersebut.

Mark Zuckerberg asli


Mark Zuckerberg di film
Eduardo Saverin asli dan yang di film

Namun ulahnya tersebut menarik perhatian dua cowok ganteng atletis, kembar, atlit dayung, tipe cowok kaya dan popular dan teman mereka Narendra. Mark bekerja sama dengan si kembar Winklevoss untuk memajukan situs web mereka  bernama Harvard Connection (ConnectU).
si kembar Winklevoss di film

Mark kemudian mengatakan gagasannya tentang The Facebook kepada sahabatnya Eduardo, sebuah situs jejaring social online eksklusif untuk mahasiswa Hardvard. The Facebook membiarkan orang – orang untuk berbagi informasi pribadi dan social yang aman. Eduardo setuju dan memberikan $1000 untuk modal awal situs. Dan The Facebook-pun dengan cepat menjadi populer di seluruh Harvard.

Dan si kembar ganteng beserta temannya Narendra menuduh Zuckerberg (aku sebut saja si Z, susah nulisnya :p) mencuri ide mereka, dan mereka melaporkannya ke petinggi kampus, tetapi sepertinya Cameron Winklevoss menginginkan agar masalah tersebut tidak usah diperpanjang sampai ke pengadilan.

Kemudian si Z dan Eduardo memperluas The Facebook ke sekolah-sekolah lain. Dan hal itu membuat marah si kembar ganteng dan Narendra, karena The Facebook maju pesat tanpa mereka. Melalui koneksi ayah mereka, mereka mengatur pertemuan dengan Presiden Harvard, yang acuh dan tidak melihat nilai potensial baik dalam tindakan disipliner.
Melalui Christy, pacar Eduardo, Eduardo dan Mark bertemu dengan pendiri Napster Sean Parker (yang diperankan oleh Justin T). Sepertinya Eduardo kurang begitu suka dengan si Parker ini dan menjadi skeptis. Parker menyarankan agar membuang ‘The’ dari The Facebook.
Kemudian Mark pindah ke perusahaan Palo Alto, di California atas saran Parker, sedangkan Eduardo pergi ke New York mencari dukungan iklan. Sementara si kembar makin sebal menemukan Facebook semakin meluas sampai ke luar negeri, dan menuntut Mark.
Setelah Eduardo pulang dari New York, ia marah menemukan Parker tinggal di rumah yang mereka sewa untuk menjalankan bisnis Facebook. Setelah berdebat dengan Mark, Eduardo membekukan rekening bank perusahaan dan kembali ke New York. Eduardo menuntut Mark juga, hikz…sedih amat ya dituntut sahabat sendiri. Dan pada suatu malam perayaan 1 juta anggota Facebook, Parker ditangkap polisi karena memiliki kokain.
Jadi Mark dituntut oleh 2 pihak, yaitu si Kembar dan sahabatnya Eduardo.

Menurutku percakapannya sangat cepat, dan alur cerita lompat-lompat. Apa orang-orang yang cerdas seperti Mark Z itu bicaranya cepet banget ya? Harus benar-benar menyimak percakapan Mark Z dengan teman-temannya dengan penuh konsentrasi, bila ingin mengerti apa yang diomongin si Z itu. Atau otakku sendiri ya yang responnya lambat hahahaha. Asli cepet banget ngomongnya si Z itu. Tau - tau filmnya abis aja. Loh kok cuma gini doank??? Di akhir cerita dia mengirim friend request ke mantan pacarnya Erica yang ternyata mempunyai akun facebook juga, tetapi tidak di respon juga. Si Z terus merefresh page-nya tapi tidak kunjung di respon juga. Menyedihkan, sang pencipta ditolak oleh penggunanya Tweweweng....

Kabarnya Mark Z dan teman-temannya di Facebook membantah cerita di film ini adalah kisah mereka yang sebenarnya, dan menganggap film itu adalah karya fiksi. 
Yang jelas Mark Zuckerberg adalah orang terkaya termuda di dunia saat ini. Kekayaannya ditaksir sekitar 6,9 miliar dolar Amerika. Wow…

4 komentar:

Gaphe said...

walaupun udah keluar lama, dan udah menang award juga tapi saya belom nonton..

pengen sih, tapi belum ada waktu.. hehehehe
*duit maksudnya*

dv said...

sama kaya komen diatas, saia juga belum nonton yg ini :D

tp bole lah buat referensi wiken ini :D

menarik nih pilemnya.saya pingin nonton juga:)

Mr TM said...

Wah, telat lg dech saya,blm nonton euy...

Bwt tmn2 yg blm nonton, yuuuk kita nonton rame2 ajja yuuk......jiehheheheee....