Leptis Magna, reruntuhan Romawi paling spektakuler di Libya

Mumpung lagi menjadi hot isu, karena kebetulan saya pengin tahu letak Tripoli itu di mana, kok pesawat-pesawat sekutu Amerika parkir di Italia? Akhirnya saya cek di Google Earth, wow ternyata memang Italia dan Libya hanya dipisahkan oleh Laut Mediterania. Lihat gambar di bawah ini 


 
Saya pun akhirnya melihat-lihat kota Tripoli, Libya lewat GE. GE ini memang canggih, jendela dunia euy.. Kalau saya sedang bosan dengan kerjaan saya, GE inilah hiburannya hehe. Saya bisa melihat keindahan dunia di luar kampung saya lewat GE.


Nah saya menemukan sebuah bangunan besar bernama Leptis Magna, wow fotonya keren-keren. Bangunan apakah ini? Ternyata Leptis Magna merupakan salah satu UNESCO World Heritage Site



The magnificent theater at Leptis Magna
(gambar diambil dari GE)

Leptis Magna, juga dikenal sebagai Lectis Magna (kadang-kadang Lepcis Magna), juga disebut Lpqy atau Neapolis, adalah kota utama di masa Kekaisaran Romawi. Reruntuhannya berada di Al Khums, Libya, 130 km di timur Tripoli, pada pantai di mana Wadi Lebda bertemu lautan. Leptis Magna merupakan salah satu reruntuhan Romawi paling spektakuler dan tak terjamah di Laut Tengah (wikipedia) 

sumber gambar : wikipedia


Leptis Magna itu dibangun oleh Septimius Severus, yang lahir di sana dan kemudian menjadi kaisar. Itu adalah salah satu kota yang paling indah dari Kekaisaran Romawi, dengan monumen publik yang mengesankan, pelabuhan, pasar-tempat, gudang, toko-toko dan daerah pemukiman. Untuk cerita sejarahnya yang lebih panjang silahkan baca di whc.unesco.org dan en.wikipedia.org saya bingung menerjemahkannya hehehe

Leptis Magna pantas mendapatkan reputasi memiliki reruntuhan Romawi paling lengkap dan mengesankan di seluruh Afrika Utara. Leptis Magna awalnya sebuah pemukiman Berber, dimana setelah Phoencians membuatnya menjadi titik perdagangan. Dari abad ke-6 SM Leptis Magna mungkin ditundukkan oleh Carthage.Ini menjadi bagian dari kekaisaran Romawi pada 111 SM. 

Sedangkan pengaturan Leptis Magna tidak dapat bersaing dengan apa yang ditemukan di Libya timur, daerah pelabuhan masih sangat bagus, bersama-sama dengan Wadi Labna, bahkan hampir penuh dengan pasir sekarang. Hal ini lebih karena pasir di Leptis Magna sangat terawat, selama 800 tahun situs itu sepenuhnya dilindungi oleh pasir tersebut. 
Leptis Magna memiliki 80.000 penduduk, dan kemegahan yang didapat dari kaisar Septimus Severus (193-211. Kota ini memiliki basis penghasilan yang stabil dari perdagangan budak, emas, gading, logam, ditambah pertanian yang lebih kaya pada waktu itu. 

Jumlah monumen besar Leptis Magna membuat agak sulit untuk menunjukkan highlights. Tetapi teater jelas satu, dan memiliki pemandangan indah dari tingkatan atas. Diameternya adalah 70 meter. Bagian besar dari struktur untuk ornamentasi, dan di teater banyak terdapat patung-patung. 
The Hadrianic Baths masih mengesankan, dan salah satu kolam renang, berukuran 28 kali 15 meter, tetap utuh. Rumah mandi ini merupakan salah satu yang terbesar yang pernah dibangun di luar Roma. 

The Hadrianic Baths

Sirkus, di dekat kilometer dari situs utama, tetap masih hanya sebagian digali. Dengan ukuran 450 kali 100 meter itu adalah salah satu yang terbesar di seluruh dunia Romawi. Dan itu adalah satu-satunya dari jenisnya di Libya hari ini.

Wikipedia tentu saja memiliki banyak info, tetapi saya merekomendasikan Anda mengunjungi situs Temehu untuk gambar dan background yang OK banget , dengan sejarah yang lebih rinci dapat ditemukan di Livius.org

Kalau ada rudal nyasar ke situs ini, gimana ya???


Comments

i-one said…
wah,bagus ya..kalau ada rudal nyasar,yang jelas,pasti bangunannya hancur lebur dong,hehe..salam kenal,klu ada waktu kunjungi blog ane ya
Gaphe said…
entahlah, nggak bisa bilang apa2 kecuali pengen komen : PENGEEEN KESANAAA!!!

huawaaaa... #buru-buru berdoa
joe said…
menakjubkan sekali, benar-benar sebuah adikarya di masa lampau yang indah
ria haya said…
@i-one : makasih dech kunjungannya ya, ane dah berkunjung balik n follwo juga blognya :)

@Gaphe : ikuuuttt klo ke sana ye... ;)

@joe : iya, reruntuhannya aja keren...palagi aslinya ya??
hmmm.. itu nggak jauh juga ya sama pulau sardinia. yang cukup memukau itu bangunannya.. keren bangettt..

salam kenal
ria haya said…
iya benar, dekat dg pulau sardinia.
romawi banget ya gaya bangunannya...

salam kenal juga Tri :)

Popular posts from this blog

Tahukah Anda tentang Suku Sentinel ?

Kebunku

Ternyata namanya adalah Sero