Mo Lapor Pajak

3/10/2011 12:46:00 AM ria haya 4 Comments

Gak bisa tidur….ah gue mo ndobos aja ah….

Beberapa minggu kemarin dapat form 1721-A1 dari kantor ‘BUKTI PEMOTONGAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 BAGI PEGAWAI TETAP ATAU PENERIMA PENSIUNAN ATAU TUNJANGAN HARI TUA/TABUNGAN HARI TUA/JAMINAN HARI TUA’
Wahhh…harus lapor pajak nich. Simple sich, tapi kadang bikin malas :p


Setelah gue liat2 isinya tu form A1, wew…pendapatan gue turun…(ya iyalah uang OT lu kecil, ga ada pendapatan lainnya…curcol ni ye...). Tapi ibuku bilang harus ttp bersyukur. Njeh bu…ananda tetap bersyukur kok J

 
Rencananya pas kemarin mudik mo gue urus tu pajak langsung ke KPP Cilacap, eh salah bawa amplop. Form A1nya malah ketinggalan di Jakarta. Ya sudahlah, belom jadi selesai ni urusan (dah mulai pikun ni rupanya…hadeeeehhh)
Opsi kedua, ada teman yang nawarin jasa buat ngurus tuch lapor pajak, yach cm bayar 5rb aja sich, dan ga perlu repot, tapi gue pikIr, nti dia tau penghasilan gue, wah malas komen2nya nich (sok rahasia nich, kayak gajinya segede apa aja hahaha :p, HRD bilang ‘CONFIDENTIAL’).
Opsi ketiga dengan cara online, dengan e-filing. E-Filing adalah suatu cara penyampaian Surat Pemberitahuan yang dilakukan melalui sistem on-line dan real time.



ASP yang telah ditunjuk DJP sampai saat ini adalah:
1.               http://www.pajakku.com/
2.               http://www.laporpajak.com/
3.               http://www.layananpajak.com/
4.               http://www.spt.co.id/

Tapi caranya agak ribet (karena baru mencobanya juga sich), dan baru di step ke-2 aja sudah keluar 404 ‘the page cannot be found’ . wew… gue coba berulang-ulang kali tetap HTTP Error 404 - File or directory not found….  Cape dech
Hadooohhh…ya sudahlah semoga besok sudah bisa, demi save paper, save money, and save my energy and save-save yg lainnya plus terlihat canggih hehehe (halah…..bilang aja lu malas ke KPP apalagi pake ngantri atau malas juga ke drop box n ke kantor pos :p). Yach gue sich mau menguji apa benar gue benar2 gaptek kekekkek
Kalau masih ga bisa juga besok ni pelayanan online….t e r l a l u….

Yang penting harus dikirim tu SPT tahunan, batas terakhir 31 Maret. Kalau lebih dari tgl tsb akan dikenakan denda.
Yach semua harus bayar…bahkan semenjak kita lahir dah dikenakan pajak to…

4 komentar:

Gaphe said...

punya gw belon dikasihin form bukti potong pajaknya.. aih, nyebelin.. padahal akhir bulan ini kaan batas penyerahannya.

jadi pengen ngerti total pendapatan gw taun ini.. haha

dv said...

waah..aku baru tau klo ada online nya jg..
bisa efisiensi tenaga,waktu dan kertas nih :D
tq infonya mbak ;)

☺☺☺ said...

walaaah pajakku malah udah di urusin orang ~.~ kadang mikir duit pajak buat apaan ya :? kok ga ada transparansi sama sekali.

ria haya said...

@Gaphe : masih 20 hari kok phe…
Tapi jgn sampe dech dah kena potongan pajak msh kena denda jg tweweweng, 100rb lmyn kan buat beli krupuk :D

@dv : aq juga baru mo nyoba nich… 

@Ata : enak donk dah diurusin…
Nti kalo gue dah jadi pegawe pajak gue kasih tau dech buat apaan tu duit pajak haha :p