Kastellet

5/04/2011 08:36:00 PM ria haya 2 Comments

Mumpung masih berkeliaran di Eropa (masih ngayal nich :D), nemu area yang mirip dengan Palmanova, tetapi lebih kecil. The star-shaped Kastellet (“The Citadel”) di Copenhagen, Denmark.

map


Kastellet, terletak di Kopenhagen, Denmark adalah salah satu benteng terbaik di Eropa Utara. Dibangun dalam bentuk pentagram dengan benteng pertahanan (bastion) di sudutnya. Kastellet merupakan lingkaran bastion, yang mengililingi Copenhagen.


Sejarah
Konstruksi Kastellet dimulai oleh Raja Christian IV dari Denmark pada tahun 1626 dengan pembangunan suatu entrechment di bagian utara dari tembok pertahanan Kopenhagen. Raja punya rencana konstruksi besar dan pada awalnya istana akan terletak di lokasi itu, sehingga raja sendiri dapat mencari tempat berlindung di sana, tapi rencana terkendala ekonomi
Konstruksi dilanjutkan oleh  penggantinya Raja Frederick III dari Denmark. Setelah pengepungan Swedia di Kopenhagen (1658-1660) insinyur Belanda Henrik Ruse dipanggil untuk membantu membangun kembali dan memperluas konstruksi. Benteng ini bernama Citadellet Frederikshavn ("The Frederikshavn Citadel"), tetapi lebih dikenal sebagai Kastellet ("the citadel").
Kastellet merupakan bagian dari pertahanan Kopenhagen melawan Inggris dalam Pertempuran Kopenhagen (1807). Christen Købke (1810-1848), pelukis Denmark yang terkait dengan the Golden Age of Danish Painting, tumbuh di Kastellet dan membuat banyak lukisan dari daerah tersebut.
Selama invasi Jerman di Denmark, 9 April 1940, pasukan Jerman mendarat di pelabuhan terdekat merebut The Citadel dengan resistensi sangat sedikit sehingga memaksa pemerintah Denmark untuk menyerah. Kastellet direnovasi 1989-1999 dengan dana dari AP Moller dan Wife Chastine McKinney Møllers General Fund.

Kincir angin dan canon

Dinding dan daerah berumput sekitar Kastellet tidak hanya memberikan perlindungan dari serbuan pasukan, tapi juga berpartisipasi dalam memastikan large degree of self sufficiency, atau dengan kata lain,mempunyai daya tahan terhadap pengepungan. Jadi meriam dan kincir angin itu dua bagian penting dari Kastellet. (Fakta bahwa sebagian dari meriam sebenarnya mengarah ke Kopenhagen itu sendiri adalah karena konsep dari Raja Kristian Ketiga  tentang bagaimana memerintah suatu negara)

Kincir angin ketiga di tempat itu dibangun pada tahun 1847, setelah kincir angin yang sebelumnya tumbang. Kincir angin tersebut sekarang masih berfungsi dengan baik, dan di tes setiap tahun pada tanggal 28 Oktober.

Jembatan sapi

Jembatan yang mengarah ke lantai atas salah satu bangunan Kastellet tidak dimaksudkan bagi para prajurit, jembatan itu diperuntukan  bagi sapi yang disimpan di lantai paling atas untuk pergi ke tempat penggembalaan mereka, yang juga merupakan area berumput dan dinding di Kastellet.
(wow kandang sapinya keren bo…., kos-kosan saya kalah nich ihiikz)

the Commandant's quarters


Di tengah-tengah Kastellet ada the Commandant's quarters, dan bendera nasional Denmark, "Dannebrog", yang menurut legenda,jatuh dari langit selama pertempuran kedua RajaValdemar melawan Estonians pada 15 Juni 1219, dan membantu tentara Denmark, yang akhirnya menang.
Di depan the Commandant's quarters itu Anda akan menemukan arena parade, dan barisan pepohonan. Di sini tidak hanya berlangsungnya parade, tetapi juga hampir semua lalu lintas di dalam Kastellet melewati ruang ini, sehingga tempat ini merupakan tempat tersibuk di benteng. Namun, tentara cenderung menghindari tempat ini hanya sekitar matahari terbenam - jika mereka tertangkap di sana ketika upacara penurunan bendera terjadi, mereka harus berdiri untuk memberi perhatian dan memberi hormat sampai upacara kecil itu akhirnya selesai, sesudahnya baru boleh pergi lagi.



Dinding sekitar Kastelled dirancang dengan model bahwa semua dinding bisa ditembak dari setidaknya satu dinding lain. Dengan cara itu serangan pada dinding selalu bisa ditangkis tidak hanya dari para prajurit di atas tembok itu, tetapi juga dari api dari dinding lain.





Kastellet Saat Ini
Kastellet saat ini damai, area yang dilindungi, berfungsi sebagai taman umum, sebuah monumen budaya-sejarah dan, masih dimiliki oleh Menteri Pertahanan Denmark, sebagai kawasan militer aktif.
Aktivitas Militer di daerah tersebut termasuk penggunaan oleh Kepala Staf, the Danish Home Guard  (Hjemmeværnet), Badan Intelijen Pertahanan (Forsvarets Efterretningstjeneste), the Defence Judge Advocate Corps(Forsvarets Auditørkorps) dan the Royal Garrison's Library. Terletak dekat dengan Langelinie, The Little Mermaid, Air Mancur Gefion. Ini adalah tempat populer untuk berjalan-jalan pada hari yang cerah, dan sangat populer untuk anak-anak, dengan banyak binatang dan burung-burung.



The Little Mermaid
Air Mancur Gefion


Sumber :
www.copenhagenpictures.dk/kastel.html
en.wikipedia.org/wiki/Kastellet,_Copenhagen
google earth

2 komentar:

Rawins said...

eh polanya keren tuh..
mirip crop circle

kapan kapan kalo ke eropa ngajak ajak ya

Gaphe said...

yang kmarin aja belom sempet disambangi, udah dikasih yang baru lagi. hehehe.. kalo dari namanya, emang merujuk ke kata kastil jadi bisa ngebayangin isinya kayak gimana.

emang bener-bener indah yak, detail pemilihan tata letak bangunannyaa.

salut deh sama yang mendirikan.. berdoa supaya bisa kesana, dengan gratis. *tetep, ujungnya nggak enak