Palmanova

PALMANOVA (Italia), sebuah kota berbenteng bintang sembilan titik, didirikan oleh Republik Venesia pada akhir abad ke-16, dalam rangka mempertahankan perbatasan timur, baik dari Kekaisaran Hasburg dan dari Turki. Kota ini dibangun sesuai dengan desain Giulio Savorgnan's. Dalam risalah Francesco Di Giorgio Martini pada arsitektur abad ke-16 banyak rencana kota tampaknya imajiner dan ideal-ditampilkan secara ekstensif ; bagaimanapun, rencana ini dan sketsa, kemudian diubah menjadi sesuatu yang nyata, bahwa mereka kemudian mengembangkan dan mewujudkan tidak hanya di Italia tetapi juga di seluruh Eropa melalui eksploitasi dan dari ide-ide Reneissance utama yang diungkapkan oleh arsitek, filsuf dan penulis-risalah. Palmanova saat ini salah satu contoh integral yang sangat sedikit, tidak hanya sebagai fortified town (kota berbenteng) tetapi juga sebagai urbanistically ideal town .
Letak
Palmanova adalah sebuah kota dan comune di Italia timur laut, dekat perbatasan dengan Slovenia. Kota ini terletak 20 km dari Udine, 28 km dari Gorizia dan 55 km dari Trieste dekat persimpangan Autostrada Alpe-Adria (A23) dan Autostrada Venezia-Trieste (A4).



Sejarah
Pada tanggal 7 Oktober 1593, pengawas Republik Venesia mendirikan sebuah pemukiman baru yang revolusioner : Palmanova.

Tanggal itu untuk memperingati kemenangan pasukan Eropa (terutama oleh Republik Venesia) atas Turki Ottoman dalam Pertempuran Lepanto. 7 Oktober juga dirayakan Saint Justina, yang dipilih sebagai santo pelindung kota. Menggunakan semua inovasi militer terbaru dari abad ke-16, kota ini adalah benteng kecil berbentuk bintang berujung sembilan, dirancang oleh Vincenzo Scamozzi.


Di antara titik-titik bintang, ada benteng yang menonjol, sehingga setiap titik bisa saling menjaga satu sama lain. Sebuah parit mengelilingi kota, Marcantonio Martinego bertanggung jawab atas konstruksi, dan Giulio Savorgnan bertindak sebagai penasihat.

Garis luar benteng telah selesai di bawah dominasi Napoleon. Dari 1815-1866 kota berada di bawah kekuasaan Austria, dan direbut 50 tahun kemudian ke Italia bersama dengan Veneto dan Friuli barat. Pada tahun 1960 Palmanova dinyatakan sebagai monumen nasional.

Seorang profesor Amerika Edward Wallace Muir Jr mengatakan

"The humanist theorists of the ideal city designed numerous planned cities that look intriguing on paper but were not especially successful as livable spaces"

Hmmm... kota yang menarik rancangannya di atas kertas tetapi tidak terlalu berhasil sebagai ruang untuk ditinggali.


Sepanjang perbatasan timur laut kerajaan mereka, di tahun 1593 Venesia mulai membangun contoh terbaik dari sebuah rencana kota Renaissance : Palmanova, sebuah kota benteng yang dirancang untuk mempertahankan diri dari serangan dari Ottoman di Bosnia. Ex nihilo dibangun sesuai dengan spesifikasi humanis dan militer, Palmanova seharusnya dihuni oleh pedagang mandiri, pengrajin, dan petani. Namun, meskipun kondisi masih asli dan tata letak yang elegan dari sebuah kota baru, tidak ada yang memilih untuk pindah ke sana, dan pada 1622 Venice memaafkan kriminal-kriminal (penjahat) dan menawarkan kepada mereka bahan bangunan gratis jika mereka setuju untuk menyelesaikan kota.

Jadi dimulailah penyelesaian paksa rancangan megah kota ini , yang tetap mati sampai hari ini dan kota ini hanya dikunjungi oleh para cendekiawan yang penasaran dengan kota Renaissance dan dihuni tentara yang bosan yang masih ditempatkan di sana untuk menjaga perbatasan Italia

gerbang kota
salah satu sudut kota

benteng kota
dalam kota

Sumber: google

Comments

Yudi Darmawan said…
jadi bisa dibilang venesia itu salah satu influence arsitektur barat ya, yang menjulang-julang dengan warna batu alami tanpa polesan cat dan terkesan agak suram, tapi saya termasuk penggemar arsitektur renaissance..
ria haya said…
Waduh, saya ni ga paham tentang arsitektur je...
Cuma suka liat bangunan2 dengan arsitektur yg menurut saya unik, seneng aja ngliatnya hehehe
Kayaknya bangunan2 Renaissance emang bagus2 bentuknya yach?
Siswanto said…
keren ri, mantep je
Gaphe said…
keren juga arsitektur dan tata kotanya. ternyata dibangun gitu punya maksud dan tujuan tertentu yah.

ah, eropa bangeet.. jadi pengen main dan foto-foto disitu deh.. tapi sangar juga mau masuk aja pintu gerbangnya begono..
ria haya said…
@Siswanto : iya, klo di indonesia setauku kota yg teratur permukimannya (diliat dr GE sich...) klo ga salah itu Kuala Kencana, Papua. Di tengah rimba hihihi

@Gaphe : sangar mana ma pintu kuburan di endonesa? hahahaha :p
topik yang hebat... lagi2 jendela ku terbuka lebar di sini....
dan memang.... semua di dektnya sungguh patut dimimpikan... ^___^

salam perkenalan
ria haya said…
@Wiedesignarch : Matur Nuwun. Salam kenal juga yach ^____^

Popular posts from this blog

Tahukah Anda tentang Suku Sentinel ?

Kebunku

Ternyata namanya adalah Sero