Suatu Malam di Angkot

Hmmm... Jakarta oh Jakarta...
Saya sebagai wong ndeso, masih saja dibuat geleng-geleng kepala dengan perilaku orang-orang yang tinggal di Jakarta. Minggu lalu sewaktu pulang dari Cirebon, nyampai Stasiun Gambir sekitar jam 21.15. Karena sepertinya Kopaja masih ramai, maka saya memberanikan diri naik Kopaja. Jarak kos saya ke stasiun jauh, mungkin sekitar 1 jam naik Kopaja, kalau naik taxi sekitar 60 ribu. Sebenarnya saya ingin naik taxi, biar bisa leha-leha dan nyaman, tapi setelah dihitung-hitung saya bisa menghemat sekitar 57ribu bila saya naik kopaja hehehe (ngomong aja ngga punya duit, pake muter2 :p). Seperti biasa, jika naik kendaraan umum saya suka mengamati tingkah laku dan penampilan orang-orang.

Kadangkala ada yang membuat saya berkernyit. Waktu itu ada segerombolan anak ABG mungkin usia anak SMU, naik angkutan yang saya naikin. Jam di tangan saya sudah menunjukan saat itu sudah lewat dari jam 10 malam. Wow, anak usia sekolah jam segini masih berkeliaran di jalan, memangnya besok ga pada sekolah apa ya? Dan penampilannya aw aw aw, minim sekali bajunya. Hot pants dengan atasan yang cukup terbuka dengan warna-warna yang ngejreng. Okelah, mungkin bagi mereka ini yang disebut anak gaul yang eksis dan selalu mengikuti trend. Agata, anak gaul Jakarta. Tapi, ini sudah malam dan di angkutan umum pula. Untung kopajanya masih ramai dan penumpangnya bukan cowo semua.

Dan waktu saya turun dari kopaja itu, dan berganti naik angkot, beberapa dari anak-anak itu rupanya naik angkot yang saya naiki lagi. Angkotnya gelap dan isinya cowo semua. Kali ini saya benar-benar melihat tajam ke anak-anak itu, antara sebel dan khawatir. 22.30 bo...
Kenapa mereka ga pakai jaket atau pakaian yang lumayan sopan dulu sich kalau di angkot, apalagi malam-malam begini? Iya sich, Jakarta memang panas, tapi kalau malam kan dah lumayan dingin juga.
Ah, mungkin bagi mereka jam segitu masih sore. Kalau pakai mobil pribadi atau di mal sich monggo-monggo saja pakai baju minim seperti itu. Atau pas mau renang atau olah raga misalnya.
Okelah mungkin mereka punya kelebihan nyali atau punya ilmu bela diri, jadi berani kelayapan malam-malam pakai baju minim. Tapi tenaga cewe dengan cowo pasti berbeda kan kalau duel? Secara umum tentu lebih kuat cowo apalagi kalau kroyokan, kecuali cowo klemar-klemer kali ya? :D. Toh kalau diperkosa tinggal salahin saja yang memerkosa.

Dan ataukah untuk disebut gaul harus berpenampilan seperti itu? Anak-anak ini sudah cantik, menurut saya tidak perlu dandan yang berlebihan (lumayan menor) dan memakai baju minim, merekapun akan tetap terlihat cantik dan manis kok. Dandanan itu hanya membuat agak aneh wajah mereka yang masih imut. Itu hanya opini saya lho.
Mungkin mereka habis tampil di panggung, dan tidak berganti kostum serta dandanan langsung pulang naik angkot kali ya?

Saya jadi ingat beberapa kasus pemerkosaan di angkot beberapa waktu yang lalu. Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu Pak Gub sempat melontarkan pesan kepada masyarakat Jakarta khususnya para perempuan agar tidak mengenakan rok mini saat menggunakan jasa angkutan umum. Dan komentar Gubernur Jakarta tentang kasus tersebut sampai membuat demo beberapa cewe-cewe dan aktivis perempuan dengan memakai rok mini dan hot pants di bundaran HI. Intinya mereka tidak mau disalahkan begitu saja.

Hmmmm...tidak heran sering terjadi pelecehan di angkutan umum, tentu saja banyak penyebabnya. Mungkin dengan gampangnya kita akan menyalahkan kaum adam yang ga bener begitu saja, tapi mungkin juga tanpa sadar kaum hawa sendiri yang menciptakan kesempatan dalam kesempitan itu.

Comments

Anonymous said…
intinya sih, musti hati2 kalau di jakarta. kalau bisa , sebagai perempuan jgn naik angkot sendirian, minimal ada temen lah, kalau bisa temen laki2. jadi lebih aman.
Unknown said…
sayang ngak ikut satu angkot.. #lohh!!

bener tuh mbak.. mana ada kucing yang nolak jika di iming2i pindang...
JANGAN SALAHKAN KAUM ADAM! karena saya juga kaum adam :D
al kahfi said…
hmm iya juga sih terkadang yg menyulut gelora kaum adam ya kaum hawa sendiri(ups,,bukan maksudnya menyalahkan sih,, tp baiknya meminimalisir)
chloe's_journal said…
iya emang...
cewek-cewek suka gak tau sikon juga kadang kalo berpakaian. Ya sama-sama ngejaga aja sih maunya, yang cewek jaga diri...yang cowok kendalikan diri...
segalanya jadi bisa diputar balikkan ya mbak.. kalau ada kasus pemerkosaan langsung mengarahkan telunjuk kepada pemerkosa. memang iya memperkosa itu salah.. tapi itu mungkin juga nggak akan terjadi kalau cewek-cewek nggak bertindak provokatif (pakai rok mini, hot pants, dan pakaian minim lainnya). padahal pakai jilbab pun tetep bisa gaya dan modis kok. pastinya lebih aman dari niat-niat jahat. semua ada sebab dan akibatnya.. kalau bisa menghilangkan atau meminimalisir penyebab, tentu akibatnya juga dapat teredam..
Unknown said…
ya meskipun rok mini tidak bisa disalahkan, tetapi itu juga bisa memancing. jadi sebaiknya tidak usah berpakaian yg sexy banget. daripada memancing gitu.
ghost said…
mereka sudah buat pilihan sendiri toh.mau diperkosa atau mau kesalin sendiri.jelas nasihat pak gubenur jakarta cuman jadi angin dan menyinggung perasaan mereka,sedang ianya untuk kebaikkan diri sedniri.
Diah Alsa said…
weleehh saya klo ke Jakarta gk berani naik angkot Mbak, naik kopaja juga, saya lebih nyaman naik trans Jakarta, wlo desak2n sambil gelantungan masih lebih safe sepertinya... :)
21inchs said…
ya bisa jadi yg ketemu di kopaja dan angkot itu jablay.
ya emang dagangannya itu kok...
ria haya said…
wuahhh...dah lumayan ramai to. Selamat malam semua ^_^
Asriani Amir said…
yah.. jakarta oh jakarta...

ikan dak bakal dimakan kucing klo ikannya aman2 sja di akuarium. lah, klo sengaja buka2an, mengundang itu mah. :)
saryadi nilan said…
ihhh serem amat malam-malam naik angkot pake yang mini-mini kan bisa mengundang yak mbak,love,peace and gaul.
Una said…
Eyaoloh anak jaman sekarang huehehehe... parah juga. *emang aku anak jaman kapan*
Salam kenal ya. Pengen ketawa baca judul blognya: ria haya ndobos wkwk
ria haya said…
@Sitti Rasuna Wibawa : Salam kenal juga Mba Sitti... tahu artinya ndobos ya? ngasal soalnya mba bikin judul blognya, spontan aja hehehe
Una said…
Tahu dong. Lha itu hobi saya je. *lho?*
Shudai Ajlani said…
Coba di foto, terus di share deh mungkin lebih cool #eh
Saya cuma bisa ngebayangin doang deh B)
ria haya said…
@Sitti Rasuna Wibawa : hahaha...

@SHUDAI AJLANI (dot) COM : sengaja, nti kalau dipasang fotonya, takut semua cowo pada main ke sini buat liat fotonya doank,maap ye... B)
nita said…
He..he.. btl itu mba, lagian ngapain mereka penampilannya kaya gitu malam2 pula. jan.. ndak aman bgt tuh. wong perempuan yg berpenampilan biasa2 aja sk khwtr naek angkot malem2..
ria haya said…
@nita : iya mba, hadeeeuuh bikin gemez pokoke jan...

Popular posts from this blog

Tahukah Anda tentang Suku Sentinel ?

Kebunku

Ternyata namanya adalah Sero