Gimana sich cara investasi emas atau logam mulia???

11/28/2010 01:17:00 AM ria haya 5 Comments

Wah tanggal tua banget nich, belom gajian juga. Duit di dompet sudah menipis. So weekend gini cuma stay di kos aja. Kalau dipikir-pikir duitku kok cepet abis ya…?? Terasa nda ada harganya aja ni uang, cepet banget habisnya, perasaan udah ngirit.com. Dulu pertama datang ke Jakarta awal th 2005 nasi sayur ma telor plus tempe harganya 3 rb rupiah, sekarang 7 ribu. Kenaikan harga makanan tidak sebanding dengan kenaikan gaji, huuhh
Nilai Rp.1000; sekarang dengan tahun depan pasti berbeda. Mungkin sekarang 1000 masih dapat 1 mendoan, entahlah tahun depan, mungkin cuma dapat separo aja.
Terus uang tabunganku yang di bank kira-kira 10 tahun ke depan bisa dapat apa ya, kalau bunganya kecil gitu? Dan nilai tukar uangnya semakin menurun, nilai nominal uang sepertinya sudah tidak sesuai dengan nilai intrinsiknya

Investasi apa ya kira-kira yang bisa dilakuin, yang kalau terjadi inflasi kita masih bisa berdiri dengan tegar, halah….. (Cieee….gayanya investasi…kayak orang kaya yang kelebihan uang aja lo…hehehhe,biarin yang penting tau teorinya dulu J )
Kalau saham? Gue sendiri masih bingung, tu kayak main judi ga sich????
Gimana kalau emas or dinar ? Mari kita cari infonya, gimana cara investasi emas atau logam mulia…   J

Rata – rata perempuan pasti dah akrab dengan perhiasan emas.
Emas mempunyai simbol Au dan nomor atom 79 (jadi ingat pelajaran kimia pas SMA hehehe). Sifat kimia dari emas adalah “inert”, artinya emas tidak mudah bereaksi dengan unsur kimia lain. Emas tetap akan berkilau walaupun sekian lama terkubur di dalam tanah atau di dasar lautan. Emas telah digunakan sebagai mata uang sejak lebih dari 5000 tahun yang lalu. Emas merupakan logam yang mempunyai nilai yang sangat tinggi di semua kebudayaan di dunia, bahkan dalam bentuk mentahnya sekalipun.

Emas sering disebut dengan istilah “Barometer of fear”. Pada saat orang-orang cemas dengan situasi perekonomian, mereka cenderung untuk membeli emas untuk melindungi nilai kekayaan mereka. Dua macam situasi ekonomi yang sering membuat orang cemas adalah inflasi dan deflasi. Emas telah terbukti sebagai sarana penyimpanan kekayaan yang tahan baik terhadap inflasi maupun deflasi.

Salah satu bukti nyata ketahanan emas terhadap inflasi dapat kita lihat dari contoh berikut: Pada jaman Rasulullah Muhammad SAW, sekitar 1400 tahun yang lalu, harga satu ekor kambing adalah seharga satu dinar. Satu dinar adalah sepotong emas dengan kadar 22 karat dan mempunyai berat sebesar 4.25 gram. Saat ini, seekor kambing dengan kualitas yang sama masih mempunyai harga yang ekivalen dengan satu dinar.
Dapat kita lihat bahwa nilai emas sama sekali tidak terpengaruh oleh perubahan situasi ekonomi selama lebih dari 14 abad. Bandingkan dengan harga kambing kalau dihitung dalam rupiah. Sepuluh tahun lalu, uang sebesar 300 ribu rupiah bisa membeli seekor kambing yang bagus. Tapi sekarang, kambing yang bagus harus dibeli dengan uang lebih dari satu juta rupiah.

Sebut aja Pak Dino yang membagi pengalamannya begini :
“Walaupun uang dinar belum merakyat, tapi disini cukup gampang cari gerai dinar. FYI: Aku dah mulai beberapa tahun ini berinvestasi pake dinar. Emang kalau jangka pendek belum terasa tapi kalo diatas 5 th baru ada manfaatnya. Itu akibat dari kekecewaanku berinves pake asuransi pendidikan. Setiap dibutuhkan untuk bayar masuk SD, SMP, SMA atau Universitas uangnya pasti tidak cukup. Itu mungkin nilai rupiah setiap 4 th berkurang sampai 50%. Kalau dolar 40%. Kalau pake dinar stabil. Itu sudah terbukti. Itu pengalamanku lho!”
Dinar (bukan dinar Iraq, dinar Yordania, dinar Kuwait, dinar Serbia, etc) itu adalah koin emas 22 karat (kemurnian 91.7%, jika dibandingkan yang 24 karat),dengan berat 4,25 gram.

Seorang teman yang lain berkata:
‘Kalau pingin aman, dalam jangka panjang beli Dinar, untuk spekulasi jangka pendek & menengah beli saham (bisa untung, bisa buntung). Kalau pingin membantu rakyat kecil, di sektor riil aja. Nggak usah pakai USD-lah, transaksi antar bangsa sendiri atau dng negara non Amrik, ... Kesenengan Amrik, ... Nyetak uang kertas dikasih angka + tulisan (In God We Trust), dipakai dimana2x, .... he he he
Baik kalo mau bandingkan antar vendor koin dinar lihat tabel update hari ini’

Gerai dinar jual 1,706,103 beli 1,637,885
www.geraidinar.com
Wakala induk nusantara (murabitun zaim) jual 1,683,400 beli 1,616,064
www.wakalanusantara.com
Dinarfirst jual 1,652,000 beli 1,602,440
www.dinarfirst.org

Gerai dinar adalah reseller dr PT Logam Mulia dengan premium rate di atas 10%
Sedang wakala mencetak di PT. Logam Mulia (bukan reseller tapo dedicated pemesanan) dg premium rate skitar 10%.
Dan dinarfirst adalah cetak mandiri (imn) dg premium rate rendah 7% krn nirlaba

Kalo investasi emas, baik dlm format dinar atau batangan pada akhirnya sama krn emasnya, tp premium rate batangan lebih rendah (sekitar 2%-5%).
Jadi terserah anda mau pilih vendor
yg  mana. Bagi saya dinarfirst nggak banyak ambil untung, berarti kita yg  untung :)

Percakapan yang lain :
Ana :Beli emas 24 karat keluaran antam yg ada sertifikatnya.. Paling cocok buat investasi dibanding dinar..”

Bety : Membeli emas keluaran antam, beli nya dimana ya? Kalo ada yg tau harga nya berapa skarang?

Ana : “Bisa cek di situs logammulia.com

Bety : “Sudah  melihat di logammulia.com. Kok harga buyback-nya jauh lebih rendah ya dari rate kita beli. Mohon info gimana cara berinvestasi logam mulia yg benar, minimum yg mesti kita miliki dan jangka waktu investasinya agar menguntungkan”

Coki  : ‘Di toko emas, cari yg ada sertifikat Antam, 100 gr hari ini sekitar 39.600.000 tersedia 25 gram, 50 gram dan 100 gram.
Anggap dinar sbg mata uang, seperti dollar. Kalau di bank konvensional ada tabungan dollar dengan interest sekitar (2 - 3) pa. Barangkali di bank syariah juga ada tabungan dinar, dg nisbah bagi hasil tertentu. Tanyakan saja ke bank syariah, kemudian lakukan analisa resiko dan manfaat ! Mudah2an ada tabungan dinar, sewaktu kita butuh Rp, tinggal cairkan saja sebagian dinar tapi dilihat dulu nilai dinar naik nggak thd rupiah dibanding saat kita beli dulu. Saya juga akn surfing ke beberapa bank syariah menanyakan untung - ruginya tabungan dinar (kalau ada)
Paling aman beli emas sertifikasi antam ya di pegadaian atau di kantor antam sendiri di Jakarta.. Kalo di pegadaian harga lebih mahal 5-10 rb daripada di antam langsung.. Kalo emas antam 24 karat, bisa beli mulai dari 1 gram.. Dan itu tetap ada sertifikatnya.. Cara paling cepat investasi emas yaitu dengan cara berkebun emas.. Karena hasilnya bisa 4x lipat daripada investasi emas secara konvensional.. CMIIW’

Dina : ‘Buy back termurah di dinarfirst.org hanya 3% tempat lain diatas 4%’. Kalo konteksnya investasi memang relatif "aman", tp kalo nyimpan di rumah apa masih aman? Sekali kebobolan habislah sudah.


Ana  : “Nyimpannya di mana ? Dinarfirst premium 7%, buy backnya 3%, kalau harga dinar naik thd rupiah, 3% buy back dihitung dari harga dinar yg mana ? ‘

Ello : “Dalam investasi, krn masih berpatokan pada mata uang tertentu, katakanlah dollar atau rupiah, ada pola kenaikan harga emas yang bisa dilihat setahun periode. Misal akhir tahun harga emas biasanya naik dan akan turun sekitar bulan April-Juni. Tetapi secara rerata harga emas naik 20-22% pertahun.
Jangan menyimpan emas di bank (skema investasi bank, syariat skalipun) krn RUGI. Kecuali menggunakan jasa deposit box
yang feenya memang lumayan mahal tp lebih UNTUNG. Di dinarfirst jg ada jasa penitipan yang sementara ini blum dipungut fee.
Semua vendor, trmasuk dinarfirst mematok harga yang diupdate setiap hari 2x pagi (jam 7-an) dan sore (jam 15-an). Cara penghitungan yang dilakukan adalah sama yaitu fluktuasi harga emas thd rupiah mengacu pd beberapa sumber salah satunya kitco.com dll. Patokan ini jg dipake PT logam mulia. Hanya saja dinarfirst tdk menggunakan sertifikat antam.

Banyak save deposit box di Bank dan sewanya relatif murah per tahunnya.

Dino :Sekarang  beli Logam Mulia (LM) gampang, banyak toko mas di mal2 sudah jual, mulai dari 5gram sd 100 gram...
Bisa memantau harga emas dari banyak sumber... hari2 ini harga agak turun dibandingkan 2 minggu lalu (harga jual LM sangat sensitif pergerakannya, tiap hari berubah), harus pinter2 lihat trendnya (apalagi kalau mau jual2 beli buat cari gain jangka pendek). Biasanya kalau Sabtu-Minggu (bursa libur), toko Mas kadang2 tidak buka harga (kalau trendnya harga naik) dan buka harga berdasarkan harga sebelum bursa libur (kalau trend harga turun)... tapi biasanya selisihnya tidak banyak kok (kalau memang tujuannya buat investasi long term)...”


Felly :Kalau pakai perbandingan seperti itu rasanya kurang adil...lebih baik membandingkan sistemnya saja bukan harga karena harga bisa dipengaruhi oleh banyak faktor dan tentu saja lebih banyak bagaimana/sejauh mana usaha tersebut berjalan. Setahu saya, gerai dinar membolehkan pembeli dinar di tempat mereka untuk menitip jual 1% di bawah harga jual yang mereka tetapkan di geraidinar. Jadi bila pembeli ingin menitip jual 1% dari Rp 1,706,103 adalah Rp 1,689,041.97. Tentu saja nilainya lebih baik dari wakalan atau dinarfirst. Tapi kembali lagi, tentu saja jangan hanya membandingkan harga tapi bagaimana sistem perdagangan tersebut dijalankan..."

Ello :Tapi bagaimana Rp 1,689,041.97 (99%) lebih baik dari 1,652,000 (100%)?
Di dinarfirst juga ada reseller
yang  dapat rabat sampe 2% (Rp 1,618,960)
Mana
yang  lebih baik? :)
Saya sarankan beli yang kecil kisaran 5gr - 50gr. Kalo beli besar rugi jualnya lagi dan kalo dipotong (jadi kecil) malah ada cost
Saya pakenya dinar atau batangan 5-10 gr.


Btw emas batangan tu yang kayak apa sich ???

Emas tersedia dalam berbagai macam bentuk, mulai dari batangan atau lantakan, koin emas dan emas perhiasan. Disebut emas batangan karena emas ini berbentuk seperti batangan pipih atau batubata, dimana kadar emasnya adalah 22 atau 24 karat, atau apabila dalam persentase adalah 95% dan 99%. Jenis emas ini adalah yang terbaik untuk investasi karena dimana pun dan kapan pun Anda ingin menjualnya, nilainya akan sama. Nilai ini mengikuti standar internasional yang berlaku nilainya pada hari penjualan lagi. Di Indonesia, emas jenis ini telah dapat diproduksi oleh PT. Aneka tambang. PT. Aneka tambang mengeluarkan emas batangan dalam berbagai ukuran, mulai dari 1 gr, 2.5 gr, 5 gr, dan seterunya sampai 1 kg. Emas batangan yang diproduksi oleh PT. Aneka Tambang mempunyai sertifikat resmi yang menyatakan jaminan atas keaslian dan kadar emas tersebut.


Kemudian, yang kedua adalah emas koin, dimana bentuk emas seperti ini adalah salah satu bentuk lain dari emas batangan yang sudah dibentuk menjadi koin emas murni. Nilai dan kadarnya pun sama dengan emas batangan. Yang perlu diketahui adalah bahwa emas koin bagus untuk investasi. Namun sayangnya, sekarang emas koin sudah sulit untuk dijumpai lagi di toko-toko emas.

Pembelian emas batangan tidak dikenakan pajak PPN oleh pemerintah, karena emas jenis ini dianggap sebagai bahan baku untuk industri perhiasan dan sebagainya. Karenanya, untuk berat yang sama, harga  pembelian emas batangan lebih murah jika dibandingkan dengan koin emas.

Bagaimana dengan emas perhiasan?
Walaupun emas berbentuk perhiasan sangat disukai oleh perempuan, tapi umumnya emas perhiasan kurang baik untuk dijadikan media investasi. Mengapa? Sebab, emas perhiasan membutuhkan jasa pembuatan tertentu untuk bisa memiliki ciri yang khas seperti itu. Itulah sebabnya, emas perhiasan membebankan biaya pembuatan kepada pembelinya.

Sehingga, selain Anda membeli emasnya, Anda juga akan membayar ongkos pembuatan. Belum lagi kalau berbicara mengenai modelnya yang sudah tidak up-to-date lagi alias ketinggalan jaman.

Pedagang di toko emas pun harus siap menanggung ketidakaslian emasnya dan juga turunnya kadar emas tersebut. Jadi, kalaupun mereka membelinya lagi, mereka harus melebur emas tersebut. Itulah sebabnya, emas perhiasan harganya akan turun ketika kita jual.


Wah….panjang juga ya penjelasannya….cape juga nich nulisnya

Gimana cara memantau harga emas setiap saat???

Kita bisa memantau perkembangan harga emas secara internasional melalui beberapa website setperti www.kitco.com atau www.goldprice.org. Selain menampilkan harga emas terbaru, kedua website itu juga menampilkan perkembangan harga emas dalam bentuk grafik, mulai dari sebulan, 6 bulan, setahun, 2 tahun, bahkan 10 tahun terakhir.
Harga emas di indonesia dapat kita pantau melalui website unit logam mulia PT. Aneka Tambang dengan alamat www.logammulia.com. Melalui website ini kita dapat mengetahui berapa harga dari tiap-tiap satuan emas batangan yang diproduksi oleh PT. Aneka tambang.

Apa yang mempengaruhi harga emas???
1.     Perubahan kurs
2.     Situasi politik dunia
3.     Suplai dan permintaan
4.     Situasi Ekonomi global
5.     Suku bunga

Apa untungnya sich investasi emas??
Pada umumnya orang memilih berinvestasi dalam bentuk emas untuk memperoleh keuntungan dalam jangka panjang. Hal ini disebabkan pertambahan nilai dari emas dinilai tidak terlalu besar dalam jangka pendek dibandingkan dengan investasi di bursa saham misalnya.
Berikut ini beberapa keuntungan dari memilih emas sebagai sarana investasi:
  1. Tidak Ada Counterparty Risk Dalam Emas.
  2. Konsistensi Daya Beli.
  3. Tidak Tergantung Pada Keputusan Pemerintah.
  4. Asset Yang Berada Di Luar Sistem Perbankan.
  5. Perlindungan Nilai Asset
  6. Sarana Menabung Paling Efektif Untuk Tujuan Tertentu.
  7. Emas gampang diperoleh dan sangat liquid


Begitulah rangkumannya, semoga bermanfaat jika suatu hari nanti punya kelebihan duit buat investasi. Jadi ingat kolam renangnya Paman Gober, koin emas semua bo….sayang dia pelit, ga mau bagi-bagi hehehehehe


Sumber :
iphincowbook.files.wordpress.com
perbincangan di milis  (semua nama-nama di atas hanya karanganku saja :p)

5 komentar:

r10 said...

investasi emas cocok untuk investasi jangka panjang

Anonymous said...

klo yg dimaksud dgn brkebun emas tuh gmn ya??mksh ya,,,

ria haya said...

saya sendiri belum praktek, artikel di atas hanya rangkuman pribadi
untuk penjelasan lengkap coba buka www.berkebunemas.net atau kebunemasscam.com, hehe ^___^

kepada teman teman
saya ingin share sedikit tentang investasi

bisnis investasi itu bisnis yang sangat berpeluang besar untuk meraih profit

bisnis ini juga tidak banyak memakan waktu

saya ingin megajak para teman2 untuk bekerja sama dalam bisnis investasi khusus nya emas

bisa menghubungi saya
0821-6754-6295

atau di rizkybroker.blogspot.com

terimakasih

trisno said...

terimakasih atas info nya,sangat membantu bagi kami untuk menuju kesuksesan